Sukses

Keren, Ferrari dan Harley Davidson Kayu Buatan Indonesia Bernilai Ratusan Juta Rupiah

Pada pameran IIMS 2018 kali ini ada sosok Ferrari 330 P4 yang konon telah laku terjual sekitar US$ 50 ribu atau sekitar Rp 648 juta.

Liputan6.com, Jakarta - Pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) tak selalu menampilkan sejumlah deretan mobil terbaru saja. Tetapi, hal-hal unik yang berbau otomotif juga hadir di pameran yang digelar Jakarta International Expo, Kemayoran, Jakarta, 19-29 April 2018.

Nah, dari pantaun Liputan6.com, salah satu hal unik yang menarik dari pameran kali ini adanya sosok Ferrari 330 P4 yang konon telah laku terjual sekitar US$ 50 ribu atau sekitar Rp 648 juta.

 

Namun, Anda tak perlu kaget, karena Ferrari yang satu ini bukan asli, melainkan hanya terbuat dari kayu yang didesain dan dirancang oleh Santoz Martoz, Founder sekaligus Chief Executive Officer PT Sumber Sejahtera Alamindo (SSA).

Menurut Santoz, perusahaannya ini bergerak dalam bidang seni dan kerajinan dengan bahan terbuat dari kayu. Termasuk membuat mobil Ferrari ini maupun sepeda motor.

 

“Untuk buat Ferrari ini kayunya Jati, yang didatangin dari Morotai,” ungkap Santoz di IIMS 2018, Minggu (22/4/2018).

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Mirip Asli

Santoz mengatakan, Ferrari yang dipajang ini sama seperti model aslinya dengan perbandingan 1:1. Untuk membuatnya pun dia dibantu enam orang pekerja di bengkelnya yang terdapat di Boyolali, Jawa Timur.

Adapun kesulitan dalam membuat kendaraan otomotif tak lain harus menyesuaikan lekukan-lekukan agar sesuai dengan yang asli.

Khusus Ferrari 330 PA, Santoz menyatakan, dibutuhkan waktu pembuatan hingga empat bulan, mulai dari desain hingga jadi.

Namun, tak hanya Ferrari, beberapa mobil yang pernah dia garap cukup banyak, mulai dari Mercedes-Benz, Porsche, Jaguar, hingga Bugatti.

Market kita ini lebih banyak ekspor keluar negeri, seperti Eropa dan Amerika,” tuturnya.

 

3 dari 3 halaman

Sepeda Motor Kayu

Tak hanya mobil, dalam pameran ini Santoz juga memajang dua unit replika sepeda motor Harley Davidson Road King. Benar saja, tampilan motor replika ini juga terlihat mirip aslinya.

Bahkan dari pantauan Liputan6.com, ukiran mesin juga terlihat cukup detail. Jika disentuh, motor kayu ini terasa halus.

Namun perlu dicatat, jika memiliknya Anda jangan membawanya ke jalanan. Sebaliknya ini bisa dinikmati untuk pajangan.

 

“Harganya sekitar US$ 15 ribu dan dibuat. Perbandingan dimensinya juga sama dengan aslinya 1:1,” tuturnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.