Sukses

Ratusan Kendaraan Miliarder Arab Akan Dilelang, Berminat?

Lelang kendaraan ini dilakukan untuk membayar hutang Maan al-Sanea kepada negara yang jumlahnya mencapai 40-60 miliar riyal atau US$10,6-15,9 miliar.

Liputan6.com, Riyadh - Otoritas Arab Saudi melelang sejumlah harta milik salah satu orang terkaya di negeri kaya minyak, Maan al-Sanea yang jumlahnya miliaran dolar. Disebutkan, lelang ini lantaran al-Sanea memiliki hutang kepada negara antara 40-60 miliar riyal atau US$10,6-15,9 miliar.

Dilansir Carscoops dari Euro News, Senin (5/3/2018) al-Sanea yang memiliki perusahaan di bawah payung Saad Group juga akan melelang 923 kendaraan dari berbagai ukuran, mulai dari bus, truk hingga mobil mewah.

Bahkan diketahui, al-Sanea tercatat mempunyai sedikitnya 26 mobil pribadi yang terdaftar, termasuk di antaranya mobil mewah Rolls-Royce.

Tak hanya kendaraan, Aliansi Etqaan yang menjual aset perusahaan al-Sanea juga berencana melelang 20 bidang tanah yang cukup luasnya, termasuk lahan seluas 484.407 meter persegi yang menampung bangunan dan pabrik pengolahan limbah.

Selain kendaraan, mereka juga akan menjual real estate milik pengusaha tersebut yang ditaksir mencapai 4,4 miliar riyal.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Disebutkan, lelang ini siap digelar setelah miliarder tersebut ditangkap oleh otoritas Saudi, pada November 2017 lalu. Al-Sanea disebut belum membayar hutang kepada negara dari perusahaannya Saad Grup sejak 2009.

Semua hasil lelang rencananya akan dibagikan kepada kreditor perusahaan.

Seperti diketahui, al-Sanea disebut sebagai salah satu dari 100 orang terkaya di dunia. Penangkapannya miliarder tersebut sebagai tindakan keras anti-korupsi yang diluncurkan di Arab Saudi di akhir tahun lalu.

Dalam kejadian ini, banyak tidak sedikit para pelaku korupsi ditangkap. Namun mereka akhirnya dilepas, setelah mengembalikan uang kepada negara, baik dari aset atau real estate.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.