Sukses

Gas Motor Matik Tersangkut, Jangan Panik

Salah satu mimpi buruk pengendara motor matik adalah kabel gas yang tersangkut, hingga hilang kendali.

Liputan6.com, Jakarta Salah satu mimpi buruk pengendara motor matik adalah kabel gas yang tersangkut, hingga hilang kendali. Sebab ketika handle gas nyangkut saat berkendara akan sangat membahayakan, karena putaran mesin tidak terkontrol dan motor sulit untuk dikendalikan.

Meski sangat jarang terjadi namun sebagai pengguna sepeda motor, khususnya pengendara motor matik kita harus tahu cara mengatasi ketika mengalami kejadian tersebut. Perlu cara cerdas untuk menanggapinya agar terhindar dari kejadian yang tidak diinginkan.

Nah sambil berhenti, coba periksa kabel gas, coba goyangkan sarung kabel gasnya. Lalu coba putar-putar handle gas. Kalau dirasa masih bisa lancar, ketika gas ditarik dan dilepas bisa otomatis kembali sendiri, silakan coba kembali hidupkan motor dan mainkan gasnya.

Kalau mesin motor menyala, naik turunnya putaran mesin sudah sesuai dengan uliran gas dan dirasa sudah normal silakan lanjutkan perjalanan.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Namun meski motor sudah dirasa 'normal' untuk berkendara, tapi hal tersebut tetap saja perlu dilakukan perbaikan lebih lanjut ketika nanti sudah sampai di lokasi tujuan agar kejadian serupa tidak terulang.

Tetapi jika motor tidak bisa normal, putaran mesin masih meraung handle gas tidak mau turun secara otomatis, Anda perlu melakukan tindakan lebih lanjut, yakni mencari bengkel terdekat untuk dilakukan perbaikan.

Kejadian seperti ini biasanya akan terjadi ketika konsumen yang kurang merawat sepeda motor maticnya, terlebih pada bagian spare part pengontrol putaran mesin tersebut. 

Dan agar terhindar dari kejadian tersebut jangan lupa sering-sering melakukan pengecekan dan lumasi kabel gas dengan menyemprotkan cairan pelumas.

Penulis: Ahmad Khoirudin

Sumber: Otosia.com 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.