Sukses

Seberapa Mahal Biaya Perbaikan Mobil-Mobil Mewah?

Liputan6.com, Jakarta - Memiliki mobil mewah dengan banderol selangit memang menjadi impian. Sebab, mobil dengan merek mewah dianggap mampu menaikan status sosial di mata masyarakat.

Namun begitu, jika Anda ingin berniat membeli mobil mewah, tentu saja harus memikirkan hal-hal lainnya mulai dari asuransi, servis dan biaya tak terduga seperti jika terjadi tabrakan. Sebab, biaya untuk jenis-jenis tersebut sangatlah berbeda dengan mobil pada umumnya alias jauh lebih mahal.

Bahkan berdasarakan data lembaga independen nonprofit di Amerika Serikat Insurance Institute for Highway Safety (IIHS), mobil mewah dengan perfoma mumpuni lebih memerlukan banyak uang jika terjadi tabrakan.

Seperti halnya dilansir Carscoops, Senin (8/1/2017), berdasarkan data IIHS, mobil yang memerlukan biaya perbaikan sangat mahal jika terjadi tabrakan yaitu Bentley Continental GT. Jika rata-rata ongkos perbaikan mobil biasa sebesar US$ 390 atau sekitar Rp 5 jutaan, maka biasa untuk mobil asal Inggris tersebut mencapai 6,5 lipat lebih besar.

Masih menurut data IIHS, setidaknya ada tujuh persen Bentley Continental GT terlibat kecelakaan, ternyata klaim mobil tersebut agar seperti semula bisa mencapai US$ 35.744 atau setara dengan Rp 472 juta.

Biaya servis atau perbaikan mahal ternyata juga terjadi pada model mobil Bentley lainnya, yaitu Continental Flying Spur dan Continental GTC.

Sedangkan diurutan selanjutnya di tempat BMW i8, biasa servis mobil ini sebesar US$ 1.657 atau Rp 21,9 juta. Sementara daftar biaya mobil dengan servis termahal lainnya seperti Maserati GranTurismo, M6 Coupe, Audi RS7, BMW M3, BMW M4, dan Maserati Ghibli.

Data yang ada ini belum semua tercatat karena ada cukup banyak kecelakaan yang  tidak dilaporkan ke polisi. Sedangkan lebih dari setengah klaim tabrakan untuk kendaraan penumpang biasanya biaya yang dikeluarkan kurang dari US$ 3000 atau Rp 39 juta, atau rata-rata antara US$1.000-1.999 atau Rp 13-26 juta.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

1 dari 2 halaman

Biaya Sekali Service McLaren di Indonesia, Mahalkah?

McLaren Jakarta telah hadir di Indonesia sejak 2013. Perusahaan ini menawarkan sejumlah mobil buatan Inggris dengan harga selangit.

Menurut CEO McLaren Jakarta Irmawan Poedjoadi, untuk melakukan servis, konsumen akan selalu diingatkan baik secara manual maupun settingan otomatis yang diterapkan pada mobil.

Artinya, setiap mobil McLaren bisa memantau sendiri kapan servis dilakukan, melalui indikator yang tertera di layar.

“Jadi gini, dari kami juga selalu mengingatkan, menginformasikan (secara manual). Ini mobil bapak sudah lama enggak servis, sudah beberapa kilometer, sudah harus ganti oli, charge baterai, kami punya data jelas, kami ingatkan semuanya ke mereka. Jadi enggak lupa dan lewat, kita jemput bola,” ungkap Irmawan saat ditemui wartawan beberapa waktu lalu. 

Irmawan juga menyatakan, untuk biaya servis McLaren harganya tak jauh berbeda dengan mobil lain pada umumnya seperti mobil premium. Termasuk biaya servis, ganti oli dan lainnya. 

“Enggak sampai (Rp 15-20 juta), sama aja kayak Mercy, Porsche. Mirip-miriplah. Saya enggak tahu berapa angkanya, tapi sama lah,” klaimnya.

Selain itu Irmawan juga menerangkan, setiap mobil McLaren sudah terkomputerisasi. Jadi, untuk melakukan servis, mobil ini tak perlu repot membuka mesin. Sebaliknya dengan menggunakan kabel dan mencolok ke komputer maka masalah pada mobil sudah dapat terbaca.

“Mekanik kami sudah di training ke factory McLaren di Inggris. Selain itu mereka telah mempelajari modul dengan sistem e-learning, jadi langsung dari gadget. Kalau software mobil  mau di-update, tinggal pakai sistem digital saja, pakai internet,” ungkap Irmawan.

McLaren Jakarta sendiri memiliki Authorized Service di kawasan Pondok Indah, Jakarta Selatan, soal perlengkapan, peralatan disebut sangat lengkap dan menyediakan teknisi ahli.

Artikel Selanjutnya
Wajah Baru Mercedes G-Class, Lebih Tampan dan Macho
Artikel Selanjutnya
Berkilauan, Lamborghini Huracan Berlapis Kristal Swarovski