Sukses

Top3 Berita Hari Ini: Fungsi Spakbor dan Harga Mobil 2018

Banyak komponen standar di motor baru yang langsung dilepas setiba motor sampai di garasi rumah. Seperti spakbor motor trail.

Liputan6.com, Jakarta Banyak komponen standar di motor yang langsung dilepas setiba motor baru sampai di garasi rumah. Seperti spakbor yang sering dipreteli oleh pemiliknya. Artikel tentang spakbor menjadi yang terpopuler dan berikut ringkasan berita lainnya:

1. Spakbor Motor Harus Terpasang, Kalau Tidak Ini Akibatnya

Spakbor menjadi komponen standar pabrikan yang kerap dilepas khususnya bagi mereka pengendara sepeda motor sport dan trail. Mereka beralasan melepas spakbor sengaja dilakukan agar lebih terilihat lebih sporty.

Namun pada kenyataannya, spakbor sangat dibutuhkan karena berfungsi dapat melindungi pengendara dan penumpang sepeda motor dari cipratan air saat hujan turun atau ketika melewati genangan air. Selengkapnya baca di sini.

2. Sederet Harga Mobil yang Naik di 2018

Kenaikan harga mobil di awal tahun ini memang disebabkan beberapa faktor, seperti biaya produksi, perubahan spesifikasi, regulasi seperti Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBN) dan Pajak Kendaraan Bermotor (PKB). Berikut ini sederet mobil-mobil yang akan menaikkan harganya di 2018: Selengkapnya baca di sini.

3. Lima Rahasia Berkendara agar Irit Bahan Bakar

Mengendarai mobil yang irit bahan bakar diperlukan gaya serta kecakapan dalam berkendara. Hal ini sangat mempengaruhi tingkat efisiensi bahan bakar.

Jadi ada kemungkinan semakin anda lihai dalam berkendara, bisa jadi bahan bakar yang digunakan semakin irit. Ada beberapa tips agar Anda bisa berkendara tanpa boros bahan bakar: Selengkapnya baca di sini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Lima Rahasia Berkendara agar Irit Bahan Bakar

Mengendarai mobil yang irit bahan bakar diperlukan gaya serta kecakapan dalam berkendara. Hal ini sangat mempengaruhi tingkat efisiensi bahan bakar.

Jadi ada kemungkinan semakin anda lihai dalam berkendara, bisa jadi bahan bakar yang digunakan semakin irit. Ada beberapa tips agar Anda bisa berkendara tanpa boros bahan bakar:

1. Aman berkendara dengan mengatur injakan pedal gas.

Menurut FuelEconomy.gov, taktik seperti berakselerasi agresif dan sering melakukan stop-and-go hanya membuang-buang gas dan benar-benar dapat menurunkan efisiensi bahan bakar Anda sebesar 33 persen pada kecepatan tinggi dan 5 persen di sekitar kota. Sebaiknya injaklah gas dengan lembut dan lebih bertahap. Kalau menginjak terlalu dalam akan berakibat pada bahan bakar yang mudah keluar.

 2. Menjaga kendaraan Anda.

Rajin untuk melakukan perawatan rutin dan jadwal tune-up, Anda akan membantu untuk memaksimalkan efisiensi bahan bakar.

3 dari 4 halaman

Selanjutnya

3. Periksa ban Anda.

Mengecek tekanan angin ban kendaraan Anda secara berkala juga merupakan cara efektif untuk menjaga agar mobil bisa hemat dalam kondisi bahan bakar. Hal ini dikarenakan tekanan angin ban yang kurang akan membuat kondisi ban sedikit kempis.

Hal tersebut akan mengurangi daya putar ban dan membuat beban mesin semakin berat. Dampaknya? Konsumsi bahan bakar pun akan boros. Memeriksa ban kendaraan juga menjadi cara untuk menjaga tekanan sedikit lebih rendah dalam cuaca panas, dan sedikit lebih tinggi dalam cuaca dingin.

4 dari 4 halaman

Selanjutnya

4. Gunakan AC secara efisien.

Penggunaan Air Conditioner (AC) juga mempengaruhi putaran mesin yang berdampak pada konsumsi bahan bakar. Jadi gunakan AC seperlunya saja.

5. Kurangi beban mobil

Salah satu cara paling efektif dalam menghemat bahan bakar adalah dengan cara membuat mobil berjalan dengan enteng, yang mana bisa dilakukan dengan mengurangi hambatan udara dan berat mobil. Semakin berat bobot barang di dalam mobil, maka semakin memerlukan lebih banyak daya dan banyak bahan bakar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.