Sukses

Lagi, BMW Tarik Kembali 26.000 Unit

Liputan6.com, London: Produsen mobil BMW akan menarik kembali (recall) sekitar 26.000 unit model BMW serta sekitar 1.200 unit Rolls-Royce di Inggris karena sistem pengeremannya yang bermasalah.

Sebelumnya, BMW sudah mengumumkan penarikan kembali sekitar 200 ribu unit mobil serta mobil-mobil mewah Rolls-Royce di Amerika Utara [baca: BMW dan Rolls Royce Tarik Mobil 198.000 Mobil].

Penarikan kembali ini termasuk model BMW 5, 6 dan seri 7 yang sudah dilengkapi mesin V8 dan V12 dari tahun 2002-2010 dan beberapa model mobil Rolls-Royce Phantom dari tahun 2003-2010. Sedangkan untuk model Rolls-Royce Ghost tidak akan ditarik.

Penarikan ini terjadi akibat bermasalahnya yang melibatkan kebocoran dan bisa menyebabkan pengaruh buruk pada sistem tenaga pengereman. Pengumuman ini merupakan bagian dari penarikan kembali sekitar 340 ribu unit mobil secara global oleh BMW.

Seorang juru bicara BMW mengatakan, "Kami akan menulis surat untuk semua pemilik yang terlibat dan meminta mereka untuk mengatur janji layanan servis. Dan sampai saat ini belum ada pelaporan terjadi kecelakaan atau cedera yang diakibatkan rusaknya sistem pengereman ini."

BMW juga mengatakan kebocoran itu dapat mempengaruhi sistem tenaga pengereman, yang menyebabkan mobil kehilangan vakum dan pengurangan bantuan daya pengereman. Tapi, juru bicara BMW menambahkan, pengereman mekanik masih tersedia untuk memperlambat dan menghentikan kendaraan.

Sebuah kesalahan serupa teridentifikasi pada tahun 2008, namun juru bicara BMW menerima bahwa modifikasi pada garis cairan rem dinyatakan gagal untuk memberantas masalah. (Telegraph/YUS)