Sukses

Jangan Mencuci Ban Pakai Sabun, Ingat!

Sabun bisa membuat ban cepat keras.

Liputan6.com, Jakarta - Tanpa ban tentu saja semua kendaraan tak akan bisa melaju dengan nyaman. Penggunaan ban yang tepat juga menjadi salah satu faktor keselamatan.

Namun tahukah Anda, ban sepeda motor juga perlu perawatan yang sangat tepat. Tak terkecuali jenis ban untuk sepeda motor gede (moge).

Bahkan berdasarkan keterangan tertulis FIFGrup, Rabu, (7/12/2016), memiliki ukuran bodi yang besar, sebaiknya jangan abaikan kondisi ban yang digunakan. Pasalnya, ada beberapa hal yang menjadi perhatian dalam perawatan ban agar lebih tahan lama.

Perlu diingat, saat mencuci moge, disarankan untuk hindari penggunaan sabun. Pasalnya sabun bisa membuat ban cepat keras. Sebaliknya, sikat ban hanya menggunakan air.

Jika tetap ingin menggunakan sabun untuk mencuci, pastikan sabun tidak tersisa atau menempel pada ban. Lalu, bilas dengan air bersih.

Selain itu, hindari penggunaan semir ban. Sebab, hal itu bisa membuat ban menjadi keras. Terlebih lagi, semir ban bisa membuat ban kering dan retak.

Ban yang mulai mengeras, biasanya akan membuat daya cengkeram ke aspal akan berkurang. Selain itu, fleksibilitas saat motor sedang menikung menjadi kaku dan membuat motor mudah tergelincir.

Terakhir, ban moge selalu dibersihkan setiap usai berkendara, baik jauh atau dekat, dengan menggunakan air bersih.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.