Sukses

Minyak Rem Ampuh Usir Kotoran pada Kabel Gas?

Sifat minyak rem yang lebih kental dan panas dapat membersihkan kerak dan karat.

Liputan6.com, Jakarta - Peran kabel gas dan kopling pada sepeda motor sangat vital dan kondisinya wajib terjaga. Apabila terdapat kotoran maka membuat kinerjanya jadi seret dan berat.

Kondisi tersebut biasanya terjadi karena adanya sisa kotoran yang menggumpal di dalamnya. Membersihkan dengan cairan penetran kurang ampuh melunturkan kerak di bagian dalam kabel.

"Bagus pakai minyak rem. Sifat minyak rem yang panas membuat kotoran lebih cepat turun, kalau penetran cepat kering dan itu malah meninggalkan sisa," kata Muhammad Haris selaku pemilik bengkel Aris Motor kepada Liputan6.com.

Lebih lanjut, pria paruh baya ini menuturkan bila cara membersihkan kabel gas atau kopling dengan minyak rem sebaiknya dilepas atau dibuka. Sifat minyak rem yang panas ini bisa merusak cat apabila menempel di bodi.

"Pakai minyak rem karat juga langsung rontok. Kalau bersihin pakai minyak rem dilepas kabelnya jadi nggak kena apa-apa," tuturnya.

Minyak rem tinggal dimasukkan ke sela-sela kabel dan biarkan mengalir ke bagian dalam. Untuk mengalirkannya, Anda tinggal menggerakkan kawat di dalam kabel agar minyak rem masuk ke sela-sela hingga ke ujungnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.