Sukses

Motor Mati Mendadak? Ini Penyebabnya

Pernahkah Anda melihat sepeda motor tiba-tiba mati? Atau mungkin Anda sendiri pernah mengalaminya? Kenapa bisa terjadi?

Liputan6.com, Depok - Pernahkah Anda melihat sepeda motor tiba-tiba mati saat sedang digunakan? Atau mungkin Anda sendiri pernah mengalaminya? Kenapa ya itu bisa terjadi?

Ada beberapa faktor yang menjadi biang keladinya. Salah satunya masalah di sektor pengapian, atau bagian yang bertugas menggabungkan udara dan bahan bakar agar tercipta ledakan atau daya gerak yang menggerakkan mesin.

"Kalau sedang jalan cepat mesin tiba-tiba mati, itu pengapiannya kurang bagus," ujar Ajung, Pemilik Raja Motor, bengkel yang terletak di Jalan Arif Rahman Hakim No 23B, Depok, Jawa Barat kepada Liputan6.com, Selasa (18/7/2016).

Pengapian yang kurang bagus menyebabkan api hilang atau berkurang. Dampaknya adalah tidak ada proses pembakaran sehingga otomatis mesin akan mati.

Dalam hal ini, penyebabnya dapat dilihat dengan mendeteksi komponen pengapian, yang terdiri dari busi, koil, sepul, dan CDI.

Faktor lainnya adalah soal langsam yang kurang bagus. Langsam sendiri adalah putaran mesin terendah tanpa perlu membuka gas. Pada tiap motor, patokannya berbeda-beda.

"Kasusnya kalau mati waktu jalan pelan, lalu gasnya kita lepas. Ini karena langsamnya kurang bagus. Harus diservis," tutup Ajung.

Sebetulnya motor mati bukan hanya disebabkan dua faktor di atas. Laman Hondacengkareng menyebut, faktor lain yang bisa membuat motor tiba-tiba mati adalah penggunaan bahan bakar yang tidak sesuai, filter udara yang kotor, dan mesin overheat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini