Sukses

Ternyata, Roof Rack Bikin Konsumsi BBM Jadi Boros

Liputan6.com, California - Roof rack atau rak atap jadi solusi untuk menyimpan barang bawaan. Namun demikian, adanya roof rack dalam jangka panjang berpengaruh signifikan pada penggunaan bahan bakar.

Sebuah studi menemukan fakta aksesori yang satu ini bisa membakar 100 juta galon bahan bakar tiap tahunnya. Yuche Chen dari National Renewable Energy Laboratory dan Alan Meier dari Berkeley Lab menyebut rak atap bisa membuat konsumsi bahan bakar lebih boros 25 persen.

Bahkan, rak untuk membawa sepeda atau perlengkapan outdoor juga meningkatkan konsumsi BBM sebesar 1 persen dari kendaraan ringan dalam setahun. Adapun roof rack ini populer di kalangan pengguna crossover dan SUV.

Dilansir Leftlanenews, roof rack ini menciptakan hambatan aerodinamika, sehingga membuat kendaraan menghabiskan lebih banyak bahan bakar untuk menghantam angin terutama pada kecepatan tinggi. Peneliti juga percaya bila desain rak atap yang lebih aerodinamis bisa membuat konsumsi bahan bakar mobil tetap ekonomis.

Seringkali, rak atap juga tidak diperhitungkan pada uji konsumsi BBM karena dihitung sebagai aksesori tambahan yang dipasang setelah mobil dijual. Bila ingin menekan konsumsi BBM, disarankan supaya berkendara dengan kondisi rak kosong meskipun hal itu juga kurang berpengaruh signifikan.