Sukses

Volvo Bekas Ini Dilego Rp 1,09 Miliar, Kok Bisa?

Si pemilik tersebut mengakui kalau Volvo miliknya mencatatkan jarak hingga tiga juta mil di odometernya.

Liputan6.com, London - Sebuah mobil tentu memiliki cerita uniknya sendiri saat digunakan pemiliknya. Cerita unik yang dimiliki sebuah mobil tersebut terkadang membuat harga jual dari mobil itu menjadi sangat tinggi saat dijual.

Hal tersebut terjadi pada sebuah Volvo P1800ES keluaran tahun 1973. Kendaraan berjenis wagon tersebut memecahkan rekor penjualan saat dilelang di rumah lelang Bonhams, Inggris dengan harga penawaran sebesar US$ 92.400 atau sekitar Rp 1,09 miliar (Kurs Rp 11.818 per US$), seperti dilansir dari Leftlanenews, Senin (16/6/2014).

Mengapa sebuah Volvo yang terbilang biasa ini dapat terjual dengan harga fantastis?. Ternyata, si pemilik dari Volvo yang tinggal di New Hampshire ini sangat merawat kendaraannya selama 37 tahun.

Uniknya, si pemilik tersebut mengakui kalau Volvo miliknya mencatatkan jarak hingga tiga juta mil di odometernya pada tahun lalu.

Meskipun telah menempuh jarak lebih dari 15 kali lipat jarak bumi dan bulan, namun hebatnya cat Volvo ini tetap mulus dan belum pernah di cat ulang.

Juru taksir sebelumnya memperkirakan kalau Volvo ini hanya laku terjual antara US$ 30-40 ribu atau sekitar Rp 354 - 472 jutaan. Namun, ada seorang penawar dari luar negeri yang bersedia menebus dengan harga dua kali lipat dari perkiraannya.

"Mobil ini disajikan dengan baik dan menjaga keasliannya dengan baik," ujar Eric Minoff, spesialis mobil dari rumah lelang Bonhams.

Minoff mengungkapkan kalau kondisi kendaraan yang nyaris sempurna seperti baru merupakan kunci dari tingginya harga Volvo tersebut, bagian restorasi pun sulit membangun kembali kendaraan dengan kualitas seperti itu.

Sebelumnya, sempat ada Volvo P1800 yang mampu mencatatkan jarak sejauh tiga juta mil namun dengan usia yang sedikit tua yaitu keluaran tahun 1966. (Ysp/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini