Sukses

Saratoga Investment Summit, Dukung Penguatan Investasi Sektor Energi Terbarukan dan Teknologi

Saratoga Investment Summit 2023 menandai 25 tahun kontribusi Saratoga terhadap investasi dan perekonomian di Indonesia yang melibatkan para pengambil kebijakan yakni pemerintah, pemimpin perusahaan investasi terkemuka, dan para pendiri perusahaan teknologi.

Liputan6.com, Jakarta PT Saratoga Investama Sedaya Tbk. (Saratoga, kode saham: SRTG) perusahaan investasi aktif di Indonesia menyelenggarakan Saratoga Investment Summit (SIS) 2023, sebagai komitmen perseroan untuk menciptakan peluang investasi pada sektor-sektor strategis yang mampu mendorong pertumbuhan ekonomi berkelanjutan, terutama di sektor teknologi dan energi terbarukan.

Saratoga Investment Summit 2023 yang digelar secara hybrid di Hotel Fairmont, Jakarta ini juga menandai 25 tahun kontribusi Saratoga terhadap investasi dan perekonomian di Indonesia. Kegiatan Saratoga Investment Summit 2023 yang melibatkan para pengambil kebijakan yakni pemerintah, pemimpin perusahaan investasi terkemuka dan para pendiri perusahaan teknologi.

Sejumlah pembicara terkemuka menjadi narasumber dalam panel diskusi yang berlangsung mulai pukul 14.00-17.45 WIB, seperti Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut B, Pandjaitan, CEO Indonesia Investment Authority (INA) Ridha Wirakusumah, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia Sandiaga S. Uno dan Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati.

Para pemimpin perusahaan investasi nasional yang juga menjadi panelis diskusi adalah CEO PT Adaro Energy Indonesia Tbk. Garibaldi Thohir, Co-Founder dan Co-Managing Partner Northstar Group Patrick Walujo, Managing Partner Indies Capital Partner Pandu Sjahrir dan Presiden Direktur PT Saratoga Investama Tbk. Michael Soeryadjaya. Dari sektor teknologi ada Co-Founder and COO Xendit Tessa Wijaya, Co-Founder dan CEO Akulaku William Li serta Co-Founder dan CEO Xurya Eka Himawan.

Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan yang merupakan pembicara kunci dalam Saratoga Investment Summit 2023 turut mengapresiasi kehadiran Saratoga Investment Summit 2023 sebagai upaya dalam mendukung ekonomi pascapandemi.

“Acara (Saratoga Investment Summit) ini sangat baik, dan prestisius. Jika dilihat ini sesuai dengan yang sedang pemerintah dorong bagaimana pemulihan ekonomi pasca pandemi. Kita harus tahu Indonesia ini adalah key player, Indonesia ini adalah negara hebat. Dari indikator ekonomi, konsumsi, investasi tercatat dengan baik, sehingga kita akan sangat optimistis tahun ini pertumbuhan ekonomi juga bisa bagus,” papar Menteri Luhut.

Menteri Luhut menambahkan saat ini setidaknya ada empat pilar ekonomi Indonesia yaitu hilirisasi, digitalisasi, TKDN (Total Kandungan Dalam Negeri), dan dana desa untuk mengakselerasi ekonomi nasional. Empat pilar adalah poin penting dalam memberikan nilai tambah, penciptaan lapangan pekerjaan.

Dua sektor yang jadi fokus Saratoga Investment Summit 2023 yaitu energi terbarukan dan teknologi disebut Menko Luhut juga memiliki potensi investasi yang sangat besar untuk bertumbuh di masa depan.

Presiden Direktur PT Saratoga Investama Sedaya Tbk. Michael William P. Soeryadjaya menjelaskan Saratoga Investment Summit 2023 merupakan agenda perusahaan untuk mendorong dan mempertemukan para pengambil kebijakan di Indonesia, pemimpin bisnis dan investor, baik di dalam negeri maupun Asia Tenggara untuk saling mendiskusikan berbagai peluang investasi dan pengembangan ekonomi, khususnya sektor energi terbarukan dan teknologi.

“Sebagai perusahaan aktif dengan pengalaman investasi lebih dari 25 tahun, Saratoga ingin menghubungkan para pihak tersebut, sehingga setiap potensi investasi di Indonesia dapat dioptimalkan dan segera dieksekusi agar memberikan dampak langsung terhadap ekonomi nasional,” jelas Michael.

Ia melanjutkan sektor teknologi dan energi terbarukan dapat terus bertumbuh dengan berkelanjutan seiring kebutuhan masyarakat yang makin kompleks. Saratoga meyakini investasi pada sektor-sektor ekonomi baru seperti teknologi dan energi terbarukan menjadi salah satu penopang ekonomi nasional dalam jangka waktu yang panjang.

Dukungan terhadap pemerintah dalam mengembangkan sektor-sektor ekonomi baru tersebut juga telah dilakukan oleh Saratoga selama 25 tahun berdiri. Saratoga telah berinvestasi di sejumlah perusahaan teknologi fase awal seperti Fuse dan AtriaDC. Perseroan juga telah melakukan investasi di perusahaan energi terbarukan seperti dalam proyek pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) Sarulla di Sumatera Utara melalui PT Medco Power Indonesia dan perusahaan rintisan energi surya.

“Sektor teknologi dan energi terbarukan akan memegang peran penting dalam perekonomian global dan nasional di masa depan. Saratoga memiliki komitmen untuk terus mendorong peningkatan investasi di dua sektor tersebut, sejalan dengan upaya pemerintah untuk membuka sebanyak mungkin lapangan kerja dan menciptakan pertumbuhan ekonomi yang menyejahterakan masyarakat,” kata Michael.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini