Sukses

4 Pasangan Makanan Ini Baik demi Penyerapan Nutrisi Secara Optimal

Liputan6.com, Jakarta Secara tidak sadar, seseorang membutuhkan asupan nutrisi jauh lebih banyak daripada sekadar makanan yang dimakan. Bahkan jika Anda mengonsumsi makanan yang tinggi nutrisi yang ingin ditingkatkan dalam diet, seperti kalsium, zat besi, dan antioksidan.

Sebenarnya hal tersebut tergantung pada bagaimana makanan dipasangkan, anda mungkin mendapatkan nutrisi lebih sedikit dari yang dikira.

Banyak faktor yang mempengaruhi bagaimana tubuh menyerap makanan karena hal ini akan berubah sepanjang siklus hidup Anda, terlepas dari pilihan diet.

Anak-anak membutuhkan lebih banyak nutrisi daripada orang dewasa karena mereka cenderung sangat aktif. Sedangkan ketika sudah lebih tua, tubuh tidak akan mencerna vitamin tertentu seperti B12 dan juga yang lainnya karena asam lambung menurun seiring bertambahnya usia.

Menurut lansiran dari CNBC, Minggu (22/01/2023), ada nutrisi tertentu yang jika dipasangkan bersama dapat meningkatkan kemampuan untuk anda bisa menyerapnya. Berikut adalah beberapa rekomendasinya.

1. Pasangkan zat besi dengan vitamin C

Kekurangan zat besi adalah masalah besar bagi orang-orang yang menjalani pola makan nabati. Sumber zat besi nabati lebih mudah diserap saat Anda memasangkannya dengan sesuatu yang tinggi vitamin C.

Misalnya, pertimbangkan makan burrito dengan kacang-kacangan yang tinggi zat besi dan paprika potong dadu karena mengandung vitamin C.

2. Masukkan zinc ke dalam makanan anda dengan sulfur

Zinc merupakan nutrisi lain yang cenderung menjadi perhatian bagi mereka yang ingin beralih ke nabati. Biasanya ditemukan dalam biji-bijian dan kacang-kacangan seperti buncis.

Zinc dapat diserap lebih baik jika dipasangkan dengan sulfur. Misalnya, anda memasak buncis dengan sumber sulfur seperti bawang merah dan bawang putih. Dengan hal itu dapat membuat penyerapan zinc Anda menjadi lebih baik.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Makanan Lain

3. Makan antioksidan dengan lemak dan vitamin yang larut dalam lemak

Menyerap antioksidan pada pola makan vegan memang sedikit rumit. Jadi, untuk memastikan anda menyerapnya dengan baik maka harus memasak tomat yang kaya antioksidan lycopene dengan lemak seperti minyak zaitun.

“Jika anda ingin membuat saus tomat lalu menggunakan minyak zaitun extra virgin dengan tomat sebagai bahan untuk memasaknya, itu akan membantu anda mengaktifkan dan menyerap lycopene jauh lebih baik daripada jika Anda tidak memiliki lemak sama sekali,” kata Catherine Perez, ahli diet vegan.

4. Konsumsi kalsium dengan vitamin D

Kesehatan tulang sangat penting untuk semua orang, bahkan mereka yang bukan vegan, dan kalsium berguna untuk memperkuat tulang.

Jika anda memiliki makanan kaya kalsium dan memiliki cukup vitamin D dalam makanan anda maka tubuh akan dapat menyerapnya dengan lebih baik.

Pasangkan sumber kaya kalsium seperti susu kedelai, susu almond, atau yogurt nabati sambil berjalan di luar rumah karena sumber vitamin D dari sinar matahari dapat membantu anda menyerap kalsium dengan lebih baik.

Penulis: Nita Suci Lydiarti

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS