Sukses

Bangunan Rampung, Siswa SD Warung Kondang Cianjur Bisa Sekolah Lagi Pascagempa

Liputan6.com, Jakarta Gempa yang melanda Cianjur beberapa waktu lalu ikut merusak fasilitas sekolah di wilayah tersebut. Kini, siswa SD Negeri Cipetir, Desa Ciwalen, Kecamatan Warung Kondang, Kabupaten Cianjur yang sebelumnya luluh lantak bisa memakai sekolahnya kembali untuk kegiatan belajar mengajar.

Bangunan sekolah baru ini sendiri berdiri berkat bantuan PT Tatalogam Lestari (Tatalogam Group) melalui kegiatan CSR perusahaan.

Peresmian bangunan sekolah baru yang sebelumnya rusak parah akibat gempa, dilakukan langsung Bupati Cianjur, H. Herman Suherman.

“Ada 4 ruangan kelas yang baru dibangun oleh PT Tatalogam Lestari dengan sistem Domus. Ini (bangunan sekolah) merupakan bantuan CSR dari PT Tatalogam Lestari. Saya atas nama Pemerintah Kabupaten Cianjur dan keluarga masyarakat Desa Ciwalen mengucapkan terima kasih kepada PT Tatalogam Lestari yang sudah membantu pembangunan sekolah ini,” jelas Herman dalam sambutannya, Kamis (11/1/2023).

Herman mengapresiasi sistem Domus yang diterapkan Tatalogam Lestari dalam pembangunan gedung SD Negeri Cipetir dan juga hunian masyarakat terdampak bencana di Cianjur. Bangunan yang berdiri dengan sistem Domus hasil inovasi dan kualitasnya luar biasa bagus dan juga cepat dalam pembangunannya.

“Tadi kita melihat bangunan sekolah yang dibangun Domus. Ini kualitasnya luar biasa. Walalupun ini sekolah sementara yah, tapi menurut saya ini bisa dijadikan sekolah permanen. Karena lantainya sudah pakai keramik, plafonnya pake PVC, dan temboknya juga sudah pake hebel dan juga tiangnya pakai besi baja ringan. Ini menurut saya bukan sekolah sementara. Ini sekolah permanen. Dan juga melihat rumah-rumah yang sudah dibangun oleh Domus, saya lihat sendiri ini sangat bagus. Dan mudah-mudahan Domus bisa membantu warga masyarakat Cianjur dalam rangka Cianjur Bangkit,” jelas dia.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Dibangun dalam Waktu Singkat

Kepala Sekolah SDN Cipetir, Dodo Suhendar menjelaskan, SD Negeri Cipetir sebelumnya rusak parah akibat gempa 5,6 M yang mengguncang Cianjur 2 bulan lalu.

Namun dalam waktu singkat, siswa sekolah itu sudah bisa digunakan kembali dengan bangunan baru yang disumbangkan Tatalogam Lestari. Kini anak didiknya pun sudah bisa menjalani kegiatan belajar mengajar dengan aman dan nyaman kembali.

Dodo menceritakan, pembangunan 4 kelas baru di SD Negeri Cipetir berlangsung sangat cepat. Pembangunannya hanya memakan waktu 15 hari saja. “Pembangunan sekolah ini Alhamdulillah lebih cepat. Hanya 15 hari selesai. Sesuai dengan motto Domus ‘bikin rumah cepat dalam 5 hari’. Ini 4 ruangan loh, dibangun hanya dengan 15 hari. Cepat sekali. Anak-anak didik kami senang bisa belajar dengan nyaman. Mudah-mudahan sekolah ini dapat dimanfaatkan untuk belajar sehingga dapat mendongkratk prestasi putra putri kami,” terang Dodo lagi.

CFO PT Tatalogam Lestari, Wulani Wihardjono, menerangkan, sektor pendidikan merupakan salah satu fokus utama kegiatan CSR Tatalogam Group selain pembangunan hunian terdampak bencana.

“Dalam membangun sekolah rusak maupun hunian terdampak bencana, kami menggunakan inovasi Domus dimana dengan inovasi tersebut, pembangunannya jadi lebih cepat, tepat dan efisien. Karena semua sudah terfabrikasi sehingga di lokasi tinggal instalasi saja. Untuk hunian, rumah domus dapat dibangun hanya dalam waktu 5 hari saja dan inovasi rumah Domus ini juga sudah dirancang tahan gempa. Kami yakin, kecepatan pembangunan dan keamanan hunian sangat dibutuhkan untuk mengurangi beban penderitaan para korban,” terang Wulani.

Project Manajer PT Tatalogam Lestari, Khrisna Dewanti menambahkan, pembangunan ruang kelas baru tersebut hampir seluruhnya menggunakan material baja ringan produksi Tatalogam Group. Namun demikian, Dalam pembangunan 4 ruang kelas di SDN Cipetir kali ini, Tatalogam Group juga dibantu oleh PT Arwana Citramulia Tbk sebagai penyedia keramik lantai, PT. Impack Pratama Tbk, menyumbang plafon PVC merk adaron, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), serta unsur pemerintah daerah setempat.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

  • Gempa adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan pada kulit bumi secara tiba‐tiba.
    Gempa
  • sekolah