Sukses

Bosch Rexroth Perkenalkan ctrlX AUTOMATION untuk Mendukung Para Pelaku Industri

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah menggencarkan “Making Indonesia 4.0” guna meningkatkan permintaan terhadap solusi pabrik yang terhubung dan proses manufaktur otomatis - atau Industri 4.0.

Dalam implementasi Industri 4.0, automasi menjadi bagian krusial. Di sisi lain, penerapan sistem automasi masih dianggap rumit (tidak practical) dan membutuhkan investasi yang besar.  Karenanya, penting untuk mengedepankan potensi digitalisasi dan jaringan pada sebuah proses manufaktur dengan mengombinasikan teknologi kontrol, teknologi informasi (TI) dan IoT secara komprehensif.

Teknologi automasi harus klop dengan teknologi informasi - dengan upaya/kerepotan (effort) sesedikit mungkin. Karenanya, akan jauh lebih mudah jika sistem automasi menggunakan standar komunikasi dan lingkungan pemrograman yang sama dengan dunia teknologi informasi (TI).

Untuk menjalankan itu, perlu upaya standardisasi dalam otomatisasi … dan di sinilah kesulitannya. Tidak hanya membutuhkan kapasitas teknik yang besar, tetapi tidak semua factory memiliki spesialis pemrograman yang mumpuni.

Oleh karena itu, Bosch Rexroth telah mengembangkan platform otomatisasi baru: ctrlX AUTOMATION, yang menggabungkan teknologi kontrol yang terautomasi, teknologi informasi, dan Internet of Things dalam sistem yang sepenuhnya terbuka.

 

Implementasi ctrlX AUTOMATION memungkinkan factory untuk menggunakan komponen yang lebih sedikit (hingga 50 persen), proses engineering yang lebih cepat (hingga 30 persen), dan peningkatan produktivitas (hingga 10 persen).

ctrlX AUTOMATION merupakan platform automasi terbuka yang menyediakan semua blok bangunan untuk solusi automasi lengkap; sistemnya modular, scalable dan mampu “kompatibel” dengan hampir seluruh aplikasi    

 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS