Sukses

Harapan Emil Dardak Setelah Ditunjuk sebagai Presiden EAROPH

Liputan6.com, Jakarta Emil Elestianto Dardak, Wakil Gubernur Jawa Timur terpilih menjadi presiden EAROPH 2022-2024 dalam pembukaan EAROPH World Congress ke-28 setelah sebelumnya menjabat sebagai Wakil Presiden selama dua tahun yang diselenggarakan di Surabaya Jawa Timur, Kamis (6/10/2022). Kepemimpinan EAROPH ini diserahkan saat pembukaan World Congress oleh Ar. Yolanda David Reyes dari Filipina yang menjabat sebagai Presiden di periode sebelumnya.

Eastern Regional Organization for Planning and Human Settlements (EAROPH) World Congress ke-28 merupakan organisasi internasional yang menaungi pakar dan praktisi bidang perencanaan dan permukiman di wilayah Asia dan Australasia.

 

Emil Elestianto Dardak menyampaikan di depan para peserta dan delegasi internasional, “Sebagai Presiden EAROPH 2022-2024, saya ingin memberikan perspektif dari pemerintah lokal dalam agenda EAROPH ke depan, dengan mengambil contoh Jawa Timur. Kami membangun daerah kami dengan kerja keras dari pemerintah lokal dan juga menyerap aspirasi masyarakat untuk mengejar pembangunan di dunia yang bergulir cepat, terutama setelah Covid-19. Saya meyakini bahwa perencanaan selalu menjadi jawaban untuk masa depan yang dinamis, fleksibel dan agile. Maka dari itu, perencanaan perlu bersifat adaptif untuk mewujudkan masa depan kota dan pemukiman yang ramah lingkungan dan berkelanjutan,”

Ar. Yolanda David Reyes menambahkan, “Menjadi Presiden EAROPH memberikan kewenangan istimewa untuk bisa membawa para pakar dan ahli di bidang arsitektur dan pemukiman bertaraf internasional untuk mencapai agenda EAROPH dalam memberikan perencanaan dan pembangunan tata ruang kota yang lebih baik. Hal ini sudah kami lakukan selama pandemi Covid-19. Sekarang saatnya kami mempercepat langkah untuk fokus ke perencanaan kota masa depan pasca pandemi ini.”

Jawa Timur menjadi tuan rumah EAROPH World Congress ke-28 yang diselenggarakan pada 5-8 Oktober 2022 di kota Surabaya. Tema yang diangkat adalah the Future of Human Settlements: Accelerating Recovery and Ushering into a New Era of Sustainable Urbanization Post Covid-19. Topik lainnya yang akan dibahas, termasuk mengenai pengembangan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, kawasan dan infrastruktur ramah lingkungan yang dikembangkan pemerintah maupun pihak swasta secara berkelanjutan. Kongres internasional ini terselenggara atas kerjasama dengan Pemerintah Provinsi Jawa Timur dan Badan Pengembangan Infrastruktur Wilayah (BPIW) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Selain itu, United Cities and Local Government (UCLG) Asia Pacific, organisasi yang menaungi para kepala daerah dan asosiasi pemerintah daerah di wilayah Asia Pasifik juga turut bermitra dalam menyelenggarakan ASEAN Mayors Forum (AMF) roundtable discussion sebagai bagian dari rangkaian kegiatan EAROPH World Congress yang menghadirkan para kepala daerah dari negara-negara ASEAN.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.