Sukses

Tips Mudah Setop Konsumsi Terlalu Banyak Gula dari Pakar Kesehatan

Masih banyak orang yang mengkonsumsi gula, meskipun mereka tahu bahwa mengkonsumsi gula yang berlebihan tidak baik untuk kesehatan.

Liputan6.com, Jakarta Mengkonsumsi gula memang sungguh berat untuk dihentikan ataupun menguranginya. Terlebih lagi makanan dan minuman manis yang selalu menggoda “iman”.

Jadi jangan heran jika masih banyak orang yang mengkonsumsi gula, meskipun mereka tahu bahwa mengkonsumsi gula yang berlebihan tidak baik untuk kesehatan kita.

Dilansir dari Eat This, Not That!, Pedoman diet terbaru dari USDA mengeluarkan batasan gula tambahan, merekomendasikan agar kita menggurangi gula dan menjaga konsumsi hal-hal yang tidak lebih dari 10 persen dari keseluruhan kalori.

Itu sama dengan 200 kalori atau 50 gram gula tambahan per hari bagi mereka yang mengikuti diet 2000 kalori.

Untuk menempatkan segala sesuatunya ke dalam perspektif, rata-rata orang makan antara 73 gram dan 77 gram gula tambahan sehari.

Faktanya, gula tambahan sering bersembunyi di tempat-tempat yang tidak Anda duga, seperti roti “sehat”, snack bar, dan minuman smoothie dan itu mungkin hanya alasan Anda tidak bisa mendapatkan perut rata yang diidamkan

Kabar baiknya adalah bahwa itu 100 persen mungkin bisa mengurangi. Untuk membantu Anda melakukan hal itu (mencegah kerusakan gigi, diabetes, dan tekanan darah tinggi).

Panduan ini akan memandu Anda melalui mengapa gula penting, bagaimana Anda dapat membuat pilihan makanan yang cerdas untuk mengurangi konsumsi gula, dan bagaimana dapat menjaga hidup tetap manis, bahkan tanpa terlalu banyak makanan manis, yang telah dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin (18/4/2022).

1. Masalah Gula tambahan

Inilah mengapa Anda makan lebih banyak gula daripada yang disadari, dan mengapa itu menjadi masalah.

Hal pertama yang perlu diketahui adalah gula tambahan, sebelum Anda panik dan membuang semua yang manis di dapur, luangkan waktu sejenak untuk memahami sepenuhnya rekomendasi gula resmi dan perbedaan antara gula tambahan dan gula alami.

Dilansir Eat This, Not That!, gula alami, seperti buah-buahan, sayuran, dan produk susu biasa yang memiliki kandungan gula alami yang seharusnya tidak mengkhawatirkan Anda.

Karena buah-buah dan sayuran mengandung nutrisi lain yang memperlambat pencernaan seperti serat dan lemak sehat, tubuh Anda tidak memproses gula secepat kue atau Twix bar.

Dengan kata lain, gula dalam apel dan paprika tidak akan berkontribusi pada penambahan berat badan dan diabetes seperti soda.

Menurut FDA (Food and Drug Administration) di Amerika Serikat, mendefinisikan “gula tambahan” sebagai semua gula yang ditambahkan selama pemrosesan makanan, atau dikemas sedemikian rupa, dan termasuk gula dari sirup dan madu, gula dari jus buah atau sayuran pekat yang melebihi apa yang diharapkan dari volume yang sama dari 100 persen jus buah atau sayuran dari jenis yang sama.

Untuk mengingatkan Anda, merekomendasikan untuk mengurangi mengkonsumsi gula tambahan, melainkan tidak semua gula.

Mulai Januari 2020, Panel Fakta Gizi akan memiliki kolom khusus untuk gula tambahan, yang akan memudahkan untuk mendeteksi makanan mana yang tinggi gula tambahan.

Masalah terbesar dengan pemanis tambahan adalah mereka membuatnya mudah untuk makan berlebihan.

Mereka enak dan sangat berkalori tetapi sering kali tidak membuat Anda merasa kenyang. Sebaliknya, mereka dapat menipu Anda agar menginginkan lebih banyak makanan. Karena kita dikelilingi oleh pemanis tambahan, baik di dapur kita, restoran, sekolah, dan kantor.

Sehingga kebanyakan dari kita akan makan terlalu banyak kecuali kita secara sadar memutuskan untuk melakukan sebaliknya.

Apa yang harus dikurangi?

Dilansir dari The New York Times, pakar kesehatan menyarankan Anda untuk fokus mengurangi pemanis tambahan, seperti gula pasir, sirup jagung fruktosa tinggi, masu, sirup maple, stevia, dan setetes tebu.

Anda tidak perlu terlalu khawatir tentang gula yang merupakan bagian alami dari buah, sayuran, dan produk susu. Kebanyakan orang tidak makan terlalu banyak gula alami.

Orang dewasa biasanya tidak boleh makan lebih dari 50 gram (atau sekitar 12 sendok the) gula tambahan per hari, dan mendekati 25 lebih sehat. Rata-rata orang Amerika perlu mengurangi konsumsi pemanis tambahan sekitar 40 persen untuk mencapai ambang batas 50 gram.

Inilah cara Anda melakukannya tanpa menghabiskan lebih banyak uan untuk makanan daripada yang sudah Anda lakukan.

1. Perhatikan Makanan Saat Sarapan

Ingat, sarapan seharusnya tidak terasa seperti makanan penutup. Sarapan adalah waktu makan yang paling berbahaya untuk gula.

Banyak makanan sarapan yang terdengar seperti sehat ternyata penuh dengan gula, misalnya Chobany Strawberry Yogurt yang memiliki gula tebu yang diuapkan.

Dan banyak merek granola lainnya memiliki lebih banyak gula per porsi daripada Froot Loops atau Cocoa Puffs. Di Amerika Serikat, menurut Gary Taubes, seorang penulis Sains, mengatakan sarapan telah menjadi “pencuci mulut versi rendah lemak”, seperti yang dikutip dari New York Times.

Ada dua strategi utama untuk memastikan bahwa sarapan bukan menjadi makanan penutup di pagi hari. Yang pertama adalah untuk orang-orang yang tidak bisa membayangkan pindah dari sarapan berbasis biji-bijian, seperti sereal atau roti panggang.

Jika Anda termasuk dalam kategori ini, Anda harus cukup berhati-hati, karena biji-bijian olahan seringkali dikemas dengan gula.

Beberapa sarapan berbasis biji-bijian tanpa atau sangat rendah gula:

· Cheerios. Mereka cukup rendah gula

· Plain Oatmeal. Bumbui dengan buah segar dan, jika perlu, sedikit taburan gula merah.

· Roti. Beberapa roti tidak mengandung gula (seperti Yehezkiel 4:9 Gandum Utuh). Daftar merek yang lebih panjang hanya memiliki satu gram, atau kurang, per potong (termasuk Sara Lee Whole Wheat dan Nature’s Own Whole Wheat).

Roti asli Timur Tengah, seperti pita and lavash, adalah pilihan yang sangat baik dan semakin banyk supermarket yang menjualnya.

· Membuat Granola. Anda juga bisa membuat granola sendiri dan bermain-main dengan jumlah gulanya.

Tetapi ada juga alternatif yang lebih kreatif. Jauhi sarapan berbasis biji-bijian. Jika Anda melakukannya (seperti yang saya lakukan baru-baru ini, setelah beberapa dekade makan sereal), menghindari tambahan gula itu mudah. Rutinitas sarapan baru sebenarnya terasa lebih memanjakan daripada yang lama, yaitu:

· Orak-arik atau telur goreng

· Buah

· Plain Yogurt

· Sepotong kecil roti panggang

· Beberapa kacang

· Sebagian kecil sayuran yang dibumbui dengan baik, seperti bayam, wortel, dan ubi jalar.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tips Lain

2. Kenali Label Produk

Label nutri mencantumkan semua bahan dalam urutan kuantitas. Semakin tinggi daftar, semakin banyak bahan yang dimiliki resep. Jadi, jika gula termasuk dalam tiga bahan teratas, sebaiknya hindari produk itu.

FYI: 4 gram sama dengan 1 sendok teh gula. Ini bermanfaat untuk mengetahui kapan Anda memindai label nutrisi.

3. Pelajari Cara Mengenali Gula yang Tersembunyi

Gula sering menjadi bahan tersembunyi dalam makanan olahan, menyelinap di bawah nama ilmiahnya. Aturan yang baik untuk menemukan gula tersembunyi adalah dengan mencari kata-kata yang diakhiri dengan “ose”. Perhatikan contoh-contoh berikut, dilansir dari Greatist:

· Sucrose

· Maltose

· Dextrose

· Fructose

· Glucose

· Galactose

· Lactose

· High-fructose corn syrup

· Glucose solids

 

Ada juga gula yang tidak diakhiri dengan “ose” seperti:

· Agave

· Sucanat

· Brown rice syrup

· Evaporated cane juice

· Invert sugar

4. Jaga Gula Darah Tetap Terkendali

Label nutrisi bervariasi dalam cara menandai gula tambahan. Terkadang, mereka akan mengelompokkan gula alami dan gula tambahan, sementara yang lain memiliki bagian “gula tambahan.

Namun, pada Januari 2021 (dapatkah seseorang menyelesaikan 2020 dan menyelesaikannya?), label nutrisi akan mulai menunjukkan persentase total gula yang ditambahkan.

Terutama bagi penderita diabetes dan penyakit metabolik, mengetahui bagaimana makanan akan menyebabkan lonjakan gula darah sangat penting untuk menjaga kesehatan sehari-sehari.

Sangat penting untuk memahami bagaimana makanan akan mempengaruhi gula darah Anda karena menjaga kontrol gula darah yang sehat sangat penting untuk kesehatan secara keseluruhan.

Plus, makanan yang memiliki kandungan gula tambahan yang tinggi dapat berdampak negatif pada kontrol gula darah dan dapat meningkatkan keinginan untuk makanan manis.

Anda dapat menghitung karbohidrat bersih dalam makanan dengan mengurangi serat dari total karbohidrat.

Kelly LeVeque, seorang konsultan nutrisi merekomendasikan makanan berserat tinggi untuk menjaga keseimbangan gula darah Anda.

Juga baik untuk menambahkan lemak atau protein pada makanan yang mengandung lebih dari 25 gram karbohidrat bersih. Lemak/protein ekstra dapat membantu mendukung keseimbangan dula darah tubuh Anda, seperti yang dikutip dari Greatist.

 

3 dari 3 halaman

5. Berhenti Minum Minuman Manis

Gula tidak hanya muncul sebagai bubuk putih atau cokelat batangan favorit Anda. Beberapa kontributor besar untuk asupan gula harian Anda adalah gula yang Anda konsumsi dalam minuman.

Jadi salah satu cara termudah untuk menurunkan asupan gula adalah dengan menghilangkan gula cair, seperti soda, juice kemasan, kopi manis, dan lain-lainnya.

Minuman manis sejauh ini merupakan sumber gula tambahan yang sangat besar sekitar 47 persen. Menurut pemerintah federal, soda bersama dengan minuman manis, minuman energi, dan es teh, pada dasarnya adalah gula cair berasa yang memompa kalori ke dalam tubuh Anda tanpa membuat Anda kenyang.

Di antara semua makanan dan minuman, kata Kelly Brownell, pakar obesitas dan Dekan Sanford School of Public Policy di Duke, menjelaskan Ilmu pengetahuan paling kuat dan paling meyakinkan tentang hubungan antara minuman ringan dan hasil kesehatan yang negatif, dikutip dari New York Times.

Dikarenakan satu botol soda Coke 16 ons mengandung 52 gram gula. Itu lebih banyak gula tambahan daripada yang seharusnya dikonsumsi kebanyakan orang dewasa dalam sehari penuh.

6. Hindari Ngemil Larut Malam

Mengemil di saat tengah malam memang sudah menjadi kebiasaan sebagian orang untuk menemani aktivitas di malam hari, namun itu bisa menjadi gula tambahan yang menyelinap saat tengah malam jika Anda mulai lapar sebelum tidur.

Berikut bebera saran yang telah dirangkum dari greatist, yang dapat membantu Anda menghindari ngemil di tengah malam sebelum tidur:

· Sikat gigi. Dengan menyikat gigi akan membuat Anda segan untuk mulai makan kembali.

· Tidur lebih awal. Sejujurnya, ini sangat bagus. Tetapi jika Anda mendapati diri Anda memiliki nafsu terhadap gula, tidurlah sebelum menjadi terlalu buruk.

· Minum teh. Dengan minum teh herbal atau teh hitam, sebaiknya tanpa gula, yang dapat memberi Anda rasa yang luar biasa tanpa membuat Anda terkena gula di pagi hari.

· Mengalihkan perhatian Anda. Dengan cara mengalihkan perhatian dengan membaca buku ataupun aktivitas lainnya mungkin merupakan cara yang baik untuk mengalihkan pikiran Anda dari ngemil.

· Jika Anda tetap ingin mengemil, buatlah tetap sederhana dan sehat. Terkadang, jika Anda benar-benar lapar. Makanlah dengan makanan rendah karbohidrat dan rendah kalori adalah makanan yang dapat membuat tubuh Anda lebih mampu menggunakan nutrisi sederhana saat istirahat.

Nah itu dia tips untuk menghentikan konsumsi gula yang berlebihan, sebenarnya ada banyak cara untuk mengurangi jumlah gula yang Anda makan. Tetapi langkah pertama yang penting adalah menyadari bagaimana menghitung asupan Anda dan membuat penyesuaian yang berarti Anda tidak mengorbankan rasa.

Jauh lebih mudah untuk mengganti makanan yang Anda makan jika rasanya masih enak. Jadi makanlah makanan utuh, perhatikan gula tersembunyi dalam minuman dan makanan olahan, dan pahamilah membaca dan memahami label makanan.

Untuk mengetahui berapa banyak gula yang harus Anda makan, ingatlah: 1 sendok teh adalah 4 gram.

 

Reporter: Farah Meilinda Putri

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.