Sukses

Manfaat Minyak Kopi Buat Rambut

Liputan6.com, Jakarta Selain membantu meredakan rasa kantuk bagi sebagian orang, kopi juga bisa dijadikan minyak yang kemudian dapat bermanfaat untuk rambut. Minyak dari biji kopi tersebut dipercaya dapat mengatasi permasalahan pada rambut, seperti rambut rontok.

Meskipun ini bukan produk yang dipasarkan untuk rambut rontok, sesekali Anda juga harus mencoba minyak kopi karena harganya yang terbilang cukup murah. Selain itu, tentunya dapat membantu mengatasi masalah rambut

Lebih dari itu, minyak kopi yang dikenal sebagai caffeol juga ternyata bermanfaat untuk perawatan kulit. Bahkan minyak kopi sering ditambahkan ke berbagai suplemen kesehatan dan industri biodiesel.

Jika digunakan sebagai perawatan kulit, minyak kopi akan membantu Anda terlihat tetap awet muda. Selain itu, juga membantu melembabkan kulit karena sifat penyerapannya yang cepat. Kandungan asam lemak esensial dan aroma yang menenangkannya pun dapat merelaksasi kulit sehingga membantu membuat lebih cerah bercahaya.

Seperti yang sudah disebutkan, minyak kopi ini bermanfaat pula dalam perawatan rambut. Melansir laman Timesnownews, Kamis (13/01/2022), berikut ini manfaat dari minyak kopi sebagai perawatan rambut yang harus Anda ketahui.

 

 

2 dari 2 halaman

Manfaat

Mencegah rambut rontok

Rambut rontok bisa dikatakan sebagai masalah umum yang sering dirasakan oleh banyak orang. Untuk menyelesaikannya, Anda bisa mengaplikasikan topikal minyak kopi pada rambut untuk mencegah kerontokan selama kurang lebih 30 menit. Hal ini dilakukan karena minyak kopi akan mendorong pertumbuhan rambut.

Mengatasi rambut kering dan rapuh

Jika rambut Anda kering dan mudah rusak, minyak kopi bisa menjadi solusinya. Caranya dengan memijat minyak kopi sampai ke bagian akar. Selain itu, Anda juga bisa menggunakannya sebagai serum rambut. Saat rambut terasa kering, oleskan sedikit minyak kopi ke ujung folikel demi menghindari ujung bercabang.

Meningkatkan peredaran darah

Selain itu, minyak kopi juga bisa berperan untuk membantu meningkatkan sirkulasi darah. Caranya cukup dengan mencampurkan minyak kopi dengan minyak kelapa kemudian oleskan di kulit kepala.

Dijadikan masker rambut

Terakhir perawatan rambut menggunakan minyak kopi, Anda dapat menjadikannya sebagai masker. Caranya dengan mencampurkan minyak kopi, minyak kelapa, dan yoghurt. Setelah itu, oleskan campuran tersebut ke rambut dan biarkan selama 30 menit. Jika sudah selesai, cuci bersih rambut dengan sampo. Jangan lupa untuk menggunakan kondisioner rambut setelahnya.

 

Reporter: Aprilia Wahyu Melati

BERANI BERUBAH: Raup Jutaan Rupiah dari Bonsai Kelapa