Sukses

Kulit Ketiak Terasa Gelap? Coba 5 Bahan Ini Buat Mencerahkan

Liputan6.com, Jakarta Menurut sebagian wanita, ketiak adalah salah satu bagian tubuh yang juga perlu dirawat supaya tetap mulus dan cerah.

Terlebih bagi mereka yang sering mengenakan gaun tanpa lengan, akan terasa malu jika ternyata warna kulit ketiak lebih gelap dibanding bagian tubuh lainnya.

Tidak perlu jauh-jauh untuk melakukan perawatan ke dokter kecantikan, memutihkan ketiak pun bisa menggunakan bahan rumahan yang mudah ditemukan.

Bahan tersebut tentunya akan semakin membantu Anda yang ingin mencerahkan warna kulit ketiak.

Melansir laman Times of India, Rabu (22/12/2021), berikut ini 5 bahan alami yang dianggap mampu mencerahkan warna kulit ketiak yang gelap.

1. Soda Kue

Bahan satu ini mungkin ditemukan di hampir setiap rumah tangga. Tidak hanya dibutuhkan dalam dunia kuliner, soda kue juga dipercaya sebagai bahan yang baik untuk mencerahkan ketiak.

Cara menggunakannya cukup dengan mencampurkan soda kue ini dengan air. Aduk secara merata hingga terasa sedikit kental.

Setelah itu, oleskan soda kue tersebut ke ketiak dan gosok secara perlahan. Terakhir, cuci area ketiak jika sudah selesai dan keringkan. Lakukanlah cara ini setidaknya dua kali dalam seminggu.

2. Minyak Kelapa

Bahan kedua yang dianggap mampu mencerahkan kulit ketiak adalah minyak kelapa. Selain bermanfaat dalam dunia kesehatan, minyak kelapa ternyata dinilai ampuh mengatasi permasalahan ketiak.

Bahan satu ini bahkan mungkin tersedia di hampir banyak negara. Sebab, minyak kelapa sebetulnya bisa diproduksi secara lokal jika di negara tersebut terdapat pohon kelapa.

Selain itu, minyak berbahan dasar dari kelapa ini pun termasuk ke dalam salah satu ramuan yang terkenal dalam dunia kecantikan.

Karena kaya akan vitamin E, minyak kelapa ini dianggap mampu mencerahkan warna kulit, termasuk kulit ketiak.

Apabila Anda ingin menggunakannya, cukup mengoleskan minyak kelapa di area ketiak. Kemudian pijat secara perlahan area tersebut. Anda bisa melakukannya setiap hari selama kurang lebih lima belas menit. Setelah selesai, bilaslah dengan air bersih.

 

2 dari 2 halaman

3. Cuka Sari Apel

Selanjutnya adalah cuka sari apel. Sudah tidak asing lagi, bahan satu ini sangat terkenal di dalam dunia kecantikan.

Cuka sari apel tidak hanya mampu menghilangkan lemak, tetapi juga menghilangkan sel-sel mati. Sebab, bahan satu ini mengandung asam ringan yang merupakan pembersih alami.

Untuk mengaplikasikan cuka sari apel pada ketiak, Anda perlu mencampurkan dua sendok makan dengan baking soda. Setelah itu, baru oleskan campuran tersebut pada ketiak. Kemudian bilas area ketiak setelah lima menit kemudian.

4. Minyak Zaitun

Pada zaman kuno, wanita menggunakan minyak zaitun untuk meningkatkan kecantikan. Ternyata tradisi tersebut tidak sampai pada saat itu saja. Penggunaan minyak zaitun untuk dunia kecantikan pun masih berlangsung hingga saat ini.

Jika Anda memilih minyak zaitun untuk mencerahkan ketiak, cobalah mencampurkan satu sendok makan minyak ini dengan satu sendok makan gula merah.

Jadi, bahan ini bisa dijadikan sebagai eksfoliator yang bisa diterapkan pada kulit ketiak. Setelah dioleskan, gosok secara perlaha area ketiak selama kurang lebih dua menit. Jika sudah selesai, barulah Anda membilasnya.

5. Lemon

Bahan satu ini pun cukup eksis di dalam dunia kecantikan, kesehatan, hingga kuliner. Salah satunya di dalam dunia kecantikan, lemon dianggap sebagai bahan pemutih alami. Oleh karena itu, lemon bisa digunakan sebagai pencerah kulit ketiak.

Caranya pun cukup mudah. Gosokkan potongan setengah lemon pada area yang gelap di kulit ketiak. Lakukanlah setiap hari selama kurang lebih 2-3 menit sebelum mandi.

 

Reporter: Aprilia Wahyu Melati