Sukses

Turunkan Angka Stunting Melalui Rumah Bunda Sehat di Bekasi

Sejak tahun 2020, kota Bekasi menjadi salah satu kota lokasi fokus pencegahan dan penanggulangan stunting terintegrasi di Indonesia

Liputan6.com, Jakarta Salah satu masalah kesehatan yang masih menjadi perhatian adalah terkait dengan stunting. Stunting pada anak usia dini perlu mendapatkan perhatian khusus karena menyebabkan buruknya kemampuan kognitif, terhambatnya pertumbuhan fisik, perkembangan mental dan status kesehatan.

Sejak tahun 2020, kota Bekasi menjadi salah satu kota lokasi fokus pencegahan dan penanggulangan stunting terintegrasi di Indonesia dengan ditetapkannya 24 kelurahan yang menjadi lokasi fokus (lokus) stunting di area Bekasi.

Sebagai bentuk intervensi penanganan stunting, Danone Indonesia menghadirkan Bunda Duta Gizi dalam program Rumah Bunda Sehat fase kedua di Bekasi.

Dokter Spesialis Anak Arie Dian Fatmawati memaparkan jika penyebab stunting pada anak sangatlah kompleks termasuk dengan minimnya pemahaman orang tua akan pentingnya nutrisi dan gizi yang baik.

"Kenyataannya, anak pra-sekolah saat ini mengalami kekurangan energi dan protein, padahal energi dan protein adalah bahan baku untuk otak, otot, tulang dan beragam hal lain yang dibutuhkan dalam proses pertumbuhan si kecil. Hal ini juga ditambah dengan minimnya pemahaman orang tua dalam berperilaku hidup bersih dan sehat," jelas dia.

Untuk itu, edukasi kepada orang tua sangatlah dibutuhkan khususnya para ibu sebagai pembuatan keputusan seputar nutrisi di lingkup keluarga.

"Dengan intervensi ini tentunya diharapkan dapat berdampak pada kesehatan dan pertumbuhan anak yang optimal,” lanjut dia.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Bekasi, Tanti Rohilawati mengatakan jika terlepas dari situasi pandemi yang dialami, pihaknya tetap memberikan perhatian akan permasalahan gizi dan nutrisi ibu dan anak, termasuk stunting.

"Dalam menurunkan angka prevalensi stunting di Kota Bekasi, kami berfokus pada intervensi spesifik penyebab langsung dan intervensi sensitif untuk penyebab tidak langsung," jelas dia.

Dia memastikan pihaknya berupaya untuk menjalin keterlibatan dan kerjasama multipihak untuk penanggulangan stunting di Kota Bekasi mulai dari proses perencanaan, pelaksanaan sampai dengan evaluasi sesuai dengan aksi intervensi yang telah ditetapkan.

"Untuk itu, saya mengapresiasi kehadiran Rumah Bunda Sehat yang terus ditingkatkan perluasan programnya termasuk pada fase 2 ini, sebagai upaya preventif dan promotif yang sangat diperlukan agar para orang tua lebih memerhatikan dan memantau tumbuh kembang anaknya,” katanya.

Rumah Bunda Sehat digagas oleh Danone Indonesia sejak 2016 sebagai salah satu program berbasis komunitas yang berfokus pada edukasi nutrisi untuk ibu dan anak serta pemberdayaan ekonomi.

Pendirian RBS ini telah hadir di Bekasi di daerah Pekayon Jaya dengan inisiatif di lapangan berupa pembentukan para perwakilan dalam Bunda Duta Gizi sebagai satelit di masyarakat dan menjangkau lebih dari 1000 masyarakat.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tingkatkan Kesehatan Ibu dan Anak

Untuk memperluas penerima manfaat, Danone Indonesia meluncurkan program RBS fase kedua di daerah Medan Satria, Kota Bekasi.

Sustainable Development Director Danone Indonesia Karyanto Wibowo mengatakan jika permasalahan seputar gizi menjadi hal yang perlu di perhatikan terlebih Indonesia mengalami kondisi dari 1 dari 3 anak stunting.

Dia mengatakan ini juga sesuai dengan visi One Planet One Health dan misi untuk membawa kesehatan ke sebanyak mungkin orang.

"Untuk itu kami berkomitmen dalam mendukung fokus pemerintah dalam penanganan stunting dan menginspirasi masyarakat khususnya ibu dan anak dalam pemenuhan nutrisi seimbang. Setelah berjalan sejak 2016 yang lalu, kami berkomitmen untuk terus meluaskan program Rumah Bunda Sehat termasuk peluncuran dalam fase 2 ini," jelasnya.

Andjar Radite, Vice President Operations Human Initiative menambahkan, dalam program RBS, perusahaan berupaya untuk meningkatkan derajat kesehatan bagi ibu dan anak melalui beragam program edukasi gizi dan kesehatan, penyuluhan hingga pendampingan pada ibu hamil serta orangtua.

"Untuk itu, kami juga bekerjasama dengan kader posyandu dan puskesmas dalam melakukan edukasi kesehatan dan pengecekan kondisi kesehatan Ibu dan Anak di lingkungan Pekayon Jaya melalui home visit. Kami memberikan edukasi terkait dengan pentingnya konsumsi gizi seimbang hingga pola hidup bersih dan sehat (PHBS),” lanjut dia.

Karyanto berharap untuk dapat menjadikan RBS sebagai pusat pemberdayaan masyarakat, menjangkau lebih banyak ibu dan masyarakat melalui kebermanfaatan program.

"Kami juga berharap kehadiran RBS ini memberikan dampak positif dalam penyebaran informasi gizi dan kesehatan bagi masyarakat” tutup Karyanto.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini