Sukses

APARI Melantik Kelompok Subjek Ahli, Diharapkan Jadi Medium ke Industri Asuransi

Liputan6.com, Jakarta Asosiasi Ahli Pialang Asuransi dan Reasuransi Indonesia (APARI) menggelar Prosesi Pelantikan Kelompok Subjek Ahli (Subject-Matter Expert) Periode 2021-2025, pada Kamis, 29 Juli 2021. Seiring itu juga digelar sosialisasi mengenai Program Kerja Departemen Keanggotaan APARI.

“Maksud dari pembentukan Kelompok Subjek Ahli ini adalah sebagai medium bagi para ahli, dalam mengaktualisasikan keahliannya untuk memberikan manfaat kepada industri, regulator, dan masyarakat luas,” ujar Ketua Umum APARI Bambang Suseno.

Dia menuturkan jika para kelompok subjek ahli ini diharapkan dapat berperan secara teknis dalam memberikan respon atas isu-isu yang menjadi concern masyarakat, dalam konteks risiko dan asuransi.

"Dengan demikian ada misi bagi APARI dan para ahli yang telah dibesarkan oleh industri asuransi untuk memberikan kontribusi balik kepada industri (pay back to industry)” tegas Bambang.

Kelompok Subjek Ahli yang dilantik terdiri dari 27 orang dari 8 klaster yaitu Aviation, Casualty, Engineering, Insurtech, Life & Health, Marine, Motor Vehicle & Miscellaneous, dan Property.

Di mana para ahlinya adalah pemegang gelar Certified Indonesian Insurance and Reinsurance Brokers (CIIB).

Kelompok subjek ahli ini di bawah koordinasi Badan Koordinasi Aktualisasi Subjek Ahli (BKASA) APARI yang dipimpin Was’an Shaufenni.

            

2 dari 2 halaman

Paparkan Program

Dalam talkshow, masing-masing klaster memaparkan program kerjanya, berikut dengan isu-isu dan concern yang dihadapi.

Para partisipan yang mengikuti dari platform YouTube juga antusias dalam memberikan pertanyaan dan menyampaikan harapan kepada Kelompok subjek ahli ini.

Sebelum dilakukannya prosesi pelantikan, Departemen Keanggotaan APARI melakukan sosialisasi program kerja kepada para Anggota APARI yang pada saat ini berjumlah 1.499 orang, diantaranya mengenai hak, kewajiban dan status Anggota, laporan Donasi Call for Humanity-Covid-19, rencana aksi Donor Plasma Konvalesen, dan beberapa terobosan yang dilakukan untuk memberikan manfaat kepada Anggota.

Kegiatan yang dilaksanakan secara virtual ini diikuti Anggota APARI, perwakilan asosiasi perasuransian di bawah naungan Dewan Asuransi Indonesia, institusi pendididikan peransuransian, media massa dan publik.