Sukses

Kulit Kepala Bau? Segera Atasi dengan 4 Bahan Alami Ini

Liputan6.com, Jakarta Selain memiliki permasalahan rambut rontok, kebanyakan wanita juga memiliki masalah dengan bau kulit kepala. Ada sebagian wanita merasa terganggu dengan masalah bau kulit kepala ini.

Bahkan masalah ini akhirnya juga bisa membuat mereka tidak percaya diri untuk bepergian karena takut baunya tercium ke mana-mana.

Sebenarnya ada beberapa penyebab mengapa kulit kepala terasa bau. Bisa karena cuaca, sisa sampo yang masih menempel pada kulit, kulit kepala berminyak, kulit kepala berketombe, terkena polusi, perubahan hormonal, mencuci rambut terlalu berlebihan, atau bahkan faktor diet.

Untuk mengatasinya, sebagai seorang wanita yang sedang mendapat masalah ini sebaiknya harus lebih pintar merawat rambut. Pertama-tama, perhatikan bagaimana Anda mencuci rambut. Cucilah rambut setidaknya tiga hari dalam seminggu.

Cucilah rambut dengan sampo secara menyeluruh dan bresihkan hingga sebersih mungkin. Setelah itu, keringkanlah. Jangan lupa untuk memberi kondisioner agar rambut tetap sehat.

Selain melakukan perawatan wajib seperti itu, ada pula perawatan lainnya yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah bau kulit kepala, bahkan ini dengan cara alami. Dikutip dari laman Timesnownews, Minggu (25/07/2021), berikut ini bahan yang bisa digunakan. 

 

 

2 dari 5 halaman

1. Cuka sari apel

Sudah tidak diragukan lagi manfaat dari cuka sari apel ini. Bahan ini mungkin sudah dikenal oleh banyak orang. Selain untuk perawatan wajah dan kulit, cuka sari apel juga bisa menjadi solusi untuk mengatasi bau kulit kepala.

Caranya adalah ambil botol spray untuk menaruh cuka sari apel yang sudah diencerkan dengan air. Kemudian, semprotkanlah cairan tersebut ke kepala Ada secara merata sebelum mandi. Diamkan selama 30-45 menit. Setelah itu, barulah Anda membilasnya.

3 dari 5 halaman

2. Lemon

Selain bermanfaat untuk kesehatan, lemot juga bermanfaat untuk kecantikan khususnya perawatan rambut. Bahkan lemon dinilai mampu untuk mengatasi masalah ini.

Cara cukup dengan memeras setengah lemon di atas kepala Anda dan oleskan hingga merata. Pijat-pijat perlahan kemudian bungkus dengan handuk yang sudah direndam air hangat. Biarkanlah selama 20 menit, setelah itu baru Anda bisa mencucinya.

Jika Anda tidak ingin mencuci rambut, Anda bisa menambahkan beberapa tetes minyak esensial beraroma dengan air.

 

4 dari 5 halaman

3. Gel lidah buaya

Salah satu bahan alami ini memang sudah dikenal ampuh untuk perawatan rambut untuk mengurangi rambut rontok. Ternyata manfaatnya tidak hanya itu. Gel lidah buaya juga bisa untuk menghilangkan bau kulit kepala.

Hal yang perlu dilakukan adalah mengambil gel dari batang lidah buaya yang masih baru. Potong batang tersebut menjadi dua bagian dan oleskan ke kulit kepala. Pijat-pijat kulit kepala secara menyeluruh.

Gel lidah buaya ini bahkan juga bisa membantu Anda menjaga kesehatan rambut. Selain itu, juga merupakan bahan yang berfungsi sebagai pelindung panas yang hebat.

 

 

 

5 dari 5 halaman

4. Air methi

Bahan ini mungkin asing dalam dunia kecantikan. Akan tetapi biji methi memang bermanfaat untuk menjaga kesehatan rambut, apalagi untuk menghilangkan bau kulit kepala.

Caranya sangat sederhana. Anda cukup merendam biji methi pada air semalaman. Keesokan harinya, encerkan rendaman biji methi tersebut dengan air dan oleskan ke kulit kepala secukupnya.

Reporter: Aprilia Wahyu Melati