Sukses

6 Bahan Rumahan Ini Dapat Menghilangkan Strech Mark Pada Tubuh

Liputan6.com, Jakarta Stretch mark merupakan garis-garis jelek yang dapat terlihat pada tubuh setelah kehamilan atau setelah kehilangan atau menambah berat badan secara tiba-tiba. Bukan hanya kenaikan atau penurunan berat badan atau kehamilan yang menyebabkan stretch mark, tetapi faktor lain seperti stres, pertumbuhan yang cepat dan perubahan kondisi fisik juga berpengaruh.

Kulit manusia terdiri dari tiga lapisan, yaitu epidermis atau lapisan luar, dermis atau lapisan tengah, dan lapisan dalam hipodermik. Saat kulit meregang, kolagen yang menahan semuanya melemah dan siklus produksi normal terganggu.

Hal ini menyebabkan bekas luka halus muncul di bawah lapisan kulit. Mereka tampak merah muda ketika terbentuk tetapi seiring berjalannya waktu, mereka berubah menjadi versi warna kulit yang lebih pucat. Stretch mark dapat terjadi di area tubuh yang luas, terutama perut, paha, dan lengan.

Ini tidak nyaman untuk dilihat namun untungnya ada pengobatan rumahan yang mudah untuk menghilangkan stretch mark. Melansir dari laman magforwoman, berikut beberapa pengobatan rumahan untuk menghilangkan stretch mark.

1. Mentega kakao

Anda harus mengoleskan cocoa butter pada stretch mark setiap hari setidaknya selama dua bulan. Setelah mengoleskan, pijat area tersebut dengan lembut selama sekitar 10-15 menit.

Anda akan mulai melihat hasilnya setelah satu bulan atau lebih. Bisa membuat campuran cocoa butter, minyak gandum, lilin lebah parut atau minyak vitamin E dan menerapkannya untuk hasil yang lebih baik.

Panaskan campuran tersebut, oleskan lalu tutup dengan kain tipis. Biarkan untuk waktu yang sedikit lama untuk hasil yang lebih baik.

2. Minyak jarak

Minyak jarak digunakan untuk mengobati banyak kondisi termasuk mengobati stretch mark. Anda bisa mengoleskan minyak jarak pada stretch mark dan memijat area tersebut atau memanaskannya dan membiarkannya setelah menutupinya dengan kompres panas.

Pijat area tersebut setidaknya selama 15 menit untuk melihat hasilnya. Seperti halnya pengobatan rumahan, Anda tidak dapat mengharapkan hasil langsung. Tunggu beberapa minggu atau bulan untuk memudarkan strech mark perlahan.

3. Minyak alfalfa dan chamomile

Buat pasta menggunakan minyak alfalfa dan chamomile. Oleskan pasta ini pada stretch mark dan pijat area tersebut. Ulangi proses ini dua atau tiga kali sehari untuk menghilangkan stretch mark.

2 dari 2 halaman

4. Putih telur dan minyak zaitun

Ambil putih telur dan kocok rata. Oleskan pada stretch mark dan biarkan mengering. Setelah kering, cucila dengan air dan kemudian oleskan sedikit minyak zaitun untuk menjaga area tersebut tetap lembap.

Ini akan sangat membantu menghilangkan stretch mark. Lakukan secara terus menerus selama beberapa minggu untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.

5. Gula

Larutan gula, jeruk nipis dan jus almond yang dioleskan pada kulit setiap hari juga dapat membantu meringankan stretch mark dan memudarkan setelah beberapa saat.

6. Jus kentang

Anda bisa membuat pure kentang dan mengoleskannya pada stretch mark di tubuh. Kentang memiliki manfaat untuk membuat stretch mark menjadi lebih ringan.

Pengobatan rumahan akan bekerja, tetapi Anda harus memahami bahwa itu bukan pengobatan yang instan. Terus lakukan secara teratur dan konsisten setidaknya selama satu bulan untuk melihat perubahannya.