Sukses

Hilangkan Komedo dengan Perawatan Termudah Ini

Merawat kulit wajah pun penting untuk menghilangkan komedo serta jerawat.

Liputan6.com, Jakarta Perawatan wajah tak cukup hanya untuk membuat kulit tampak cerah atau bercahaya. Pada dasarnya permasalahan kulit terutama pada wajah bukan hanya tentang mengatasi wajah kusam saja. Biasanya masalah lain yang muncul selain wajah kusam adalah banyaknya jerawat atau komedo yang muncul di kulit wajah.

Meskipun Anda sudah sangat berusaha untuk merawatnya, munculnya jerawat dan komedo tidak dapat dihindari. Terkadang mereka sering muncul walau tak diundang.

Walau permasalahan itu tidak dapat dihindari, Anda harus tetap merawatnya. Rutinitas perawatan kulit setidaknya selama 10 menit secara rutin dapat membantu merawat kulit Anda. Bukan hanya untuk membuat tampilan tampak lebih muda, tetapi juga dapat membuat kulit lebih cerah.

Adanya komedo yang muncul tentu akan menyebabkan masalah baru karena akan menimbulkan bekas dan hilangnya membutuhkan waktu.

Sebelum membahas bagaimana cara termudah untuk menghilangkan komedo, Anda harus mengetahui terlebih dulu apa itu komedo.

Komedo muncul di beberapa bagian kulit. Mereka muncul karena folikel rambut tersumbat. Disebut komedo karena permukaannya berubah menjadi hitam saat teroksidasi dengan udara. Komedo merupakan jenis jerawat yang bisa muncul di bagian wajah mana saja.

Beberapa orang percaya bahwa munculnya komedo dipengaruhi oleh makanan dan minuman yang dikonsumsi. Produk susu dan makanan yang dapat meningkatkan kadar gula darah, seperti karbohidrat, mungkin berperan dalam memicu munculnya jerawat, tetapi peneliti tidak yakin hal itu memiliki hubungan yang kuat.

Penyebab lain dari munculnya komedo adalah produksi sebum yang lebih banyak. Meskipun komedo berbeda dengan jerawat, beberapa komedo terbentuk karena adanya aktivitas bakteri penyebab jerawat pada kulit.

Untuk itu, merawat kulit wajah pun penting untuk menghilangkan komedo serta jerawat. Berikut ini beberapa cara termudah untuk menghilangkan komedo dan jerawat, seperti melansir laman Timesnownews.

1. Biarkan kulit terkelupas

Langkah pertama untuk menghilangkan komedo adalah membuatnya tetap terkelupas sehingga dapat mengangkat semua sel kulit mati. Sel kulit mati tersebut tidak dapat memberikan ruang untuk bernapas pada wajah. Memiliki pori-pori yang tersumbat cenderung menjadi lebih buruk karena itu komedo akan muncul.

2. Hindari dehidrasi

Banyak minum air menjadi solusi bagi banyak masalah. Dengan minum banyak air, hal itu dinilai dapat membantu melembapkan kulit serta dapat mengurangi kulit berminyak.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Menjaga kebersihan kulit

Setiap kali Anda keluar rumah, tentu banyak polusi dan debu yang menempel pada kulit. belum lagi kulit Anda terpapar sinar matahari.

Untuk menjaga kulit tetap sehat dan bersih adalah Anda harus selalu menjaga kebersihan kulit setiap kali setelah bepergian. Selain itu, Anda juga harus selalu membersihkan setelah selesai memakai riasan. Jika Anda tidak menjaga kebersihan seperti itu, jerawat dan komedo akan bermunculan di kulit Anda.

4. Memakai masker wajah

Saat Anda ingin memanjakan diri dengan memakai masker wajah, pakailah masker alami. Selain itu, Anda juga bisa menambahkan produk madu untuk membantu menghilangkan jerawat dan agar terbebas dari komedo.

Salah satu cara mudah dan efektif untuk menghilangkan komedo yang membandel adalah dengan rutin mengoleskan masker lemon yang dicampurkan dengan madu. Sifat astringen lemon dinilai dapat membuka pori-pori yang tersumbat. Sedangkan madu sendiri dapat mencegah semua bakteri yang akan berdatangan.

5. Menggunakan bahan alami untuk perawatan

Jika sekiranya Anda malas atau tidak ingin memanjakan diri dengan perawatan yang menghabiskan uang untuk membeli paket perawatan wajah, Anda bisa menggunakan bahan alami untuk merawatnya. Anda bisa menggunakan bahan alami, seperti tomat, bubuk kayu manis, dan soda kue untuk perawatan wajah.

Reporter: Aprilia Wahyu Melati

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini