Sukses

Hilangkan Rambut Berminyak dengan 5 Bahan Alami Ini

Liputan6.com, Jakarta Cuaca panas meningkatkan polusi dan debu yang selanjutnya memengaruhi kondisi tubuh, salah satunya rambut.

Selain merawat kulit, penting pula merawat rambut dikala cuaca sedang panas, terutama saat Anda memiliki rambut berminyak. Mungkin rambut Anda akan terasa sedikit berubah karena faktor cuaca panas itu.

Mungkin saja Anda akan sering mencuci rambut itu. Saat cuaca panas, semakin banyak berkeringat, maka semakin berminyaklah rambut Anda.

Namun, mencuci rambut berlebihan ternyata dapat menimbulkan bahaya untuk rambut karena cenderung membuat folikel rambut melemah.

Oleh karena itu, penting melakukan perawatan rambut khususnya untuk rambut berminyak, misalnya dengan perawatan alami yang bisa Anda dapatkan di rumah.

Berikut ini 5 bahan alami yang dapat membantu Anda menghilangkan rambut berminyak, seperti melansir NDTV Food.

1. Lidah buaya

Salah satu bahan yang bisa Anda gunakan adalah lidah buaya. Mungkin lidah buaya sudah banyak dikenal masyarakat karena bahan alami itu memang kaya akan manfaat.

Untuk menggunakannya, Anda membutuhkan 3 sendok makan jus lemon, 1 sendok makan gel lidah buaya, dan sampo secukupnya.

Campurkan ketiga bahan tersebut. Kemudian aplikasikan campuran tersebut ke kepala Anda layaknya Anda keramas menggunakan sampo. Anda bisa melakukannya dua kali seminggu dan lihatlah perubahan tekstur dan sifat rambut Anda.

 2. Sejenis tanah liat (bumi fuller)

Bahan ini dikenal sebagai multani mitti atau sejenis tanah liat yang berguna sebagai salah satu penyerap organik terbaik. Karena rambut bisa berminyak, bahan ini akan membantu Anda untuk menghilangkannya.

Untuk membuat bahannya, Anda membutuhkan 2 sendok makan tanah liat tersebut dan sedikit air. Campurkan kedua bahan tersebut dengan benar hingga teksturnya setengah kental.

Selanjutnya Anda bisa mengoleskan campuran tersebut pada kulit kepala dan biarkan selama 20 menit. Setelah itu, bersihkanlah dengan air dingin.

 

2 dari 3 halaman

3. Teh hitam

Ternyata teh hitam pun bisa membantu Anda untuk menghilangkan rambut berminyak. Caranya cukup mudah. Anda perlu mengambil mangkuk dan taruh teh hitam di dalamnya, kira-kira 2 sendok makan.

Kemudian, tambahkan setengah cangkir air ke dalamnya. Biarkan air hingga mendidih. Setelah itu, saring daun teh dan gunakan air rebusan itu untuk rambut Anda. Jika sudah diaplikasikan ke rambut, diamkanlah selama kurang lebih 20 menit. Kemudian baru bersihkan.

4. Jus lemon

Lemon memang bahan serbaguna karena dapat memberikan banyak manfaat. Untuk menghilangkan rambut berminyak caranya cukup mudah. Ambil secangkir jus lemon dan tambahkan air di dalamnya.

Setelah itu, oleskan pada rambut Anda dan biarkan mengering selama 10-15 menit. Jika sudah, cuci bersih rambut Anda dengan air dingin dan lihatlah hasilnya.

5. Telur dan jus lemon

Kombinasi keduan bahan ini, telur dan lemon, dinilai mampu memberikan manfaat untuk rambut Anda. Anda perlu mengambil dua butir telur, pisahkan kuning telurnya karena yang terpakai adalah putih telurnya.

Setelah itu, tambahkan jus lemon ke dalam putih telur tersebut. Kemudian oleskan kedua bahan tersebut secara menyeluruh pada rambut Anda hingga ke kulit kepala. Tunggu selama 10 menit. Jika sudah, bilaslah dengan air biasa.

Kelima bahan di atas tentu mudah ditemukan di rumah Anda. Bahan-bahan itupun merupakan bahan alami sehingga bisa membantu Anda menghilangkan rambut berminyak.

 

Reporter: Aprilia Wahyu Melati

 

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Ini