Sukses

Witch Hazel, Tanaman Aneh yang Punya Beragam Manfaat Kesehatan

Liputan6.com, Jakarta Witch hazel, ekstrak tumbuhan, adalah penyembuh dan pembersih kulit alami dari tanaman yang bernama Hamamelis virginiana.

Satu produk ini rupanya dapat digunakan untuk segala hal, baik untuk perawatan kulit hingga mengobati bekas sengatan serangga. Namun ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum menggunakannya.

Cara Memilih formula terbaik untuk setiap jenis kulit

“Ranting dan kulit tanaman (witch hazel) mengandung unsur terapeutik yang saat diekstraksi dan disuling, menghasilkan zat bening, harum, dan alami yang telah dikenal selama beberapa generasi sebagai solusi perawatan kulit alami,” kata Dendy Engelman, MD, dermatolog yang berbasis di New York kepada WH.

"Ekstrak witch hazel baik untuk semua jenis kulit," kata David E. Bank, MD, dokter kulit yang berbasis di Mount Kisco, New York kepada WH. Namun, sebaiknya Anda tidak terlalu memanfaatkannya.

Pertama, jika digunakan berlebihan dapat menghilangkan kelembaban alami kulit. Itulah sebabnya beberapa dokter kulit tidak merekomendasikannya kepada pasien.

Witch hazel dapat ditemukan di semua jenis produk baik itu toner, astringen, serum, pembersih dan banyak lagi. Karena ada begitu banyak produk di luar sana, sampai membuat Anda bingung produk witch hazel mana yang terbaik untuk kulit Anda.

"Witch hazel adalah toner yang bagus, tapi saya menyarankan hanya menggunakan formula bebas alkohol atau rendah alkohol," kata Rachel Roff, ahli kecantikan, pendiri dan CEO Urban Skin Rx.

Jika mengandalkan produk hanya berbahan witch hazel tidak akan secara ajaib mengubah kulit Anda menjadi kulit yang bebas noda dan bersinar.

Anda harus memilih formula dengan kombinasi witch hazel yang benar-benar sesuai dengan jenis kulit Anda jika Anda menginginkan hasil terbaik.

"Terutama bagi Anda yang berkulit sensitif, sebaiknya memilih toner witch hazel yang dicampur dengan lidah buaya atau air mawar, kata Roff. Untuk kulit berjerawat, saya merekomendasikan formula yang dikombinasikan dengan asam salisilat atau asam glikolat, tambahnya.

Mudah diaplikasikan ke kulit

Mari kita akui, ada banyak produk kecantikan yang rumit untuk mengaplikasikannya. Namun tidak dengan witch hazel. "Saya biasanya suka menggunakan kapas organik untuk mengoleskan witch hazel ke kulit, tetapi Anda juga bisa menyemprotkannya ke kulit Anda dan membiarkannya mengering," jelas Roff. Anda hanya perlu mengusapkannya ke kulit, kemudian Anda bisa melanjutkan ke langkah berikutnya.

Namun, witch hazel bukan untuk semua orang

Sebelum Anda memasukkannya ke dalam rutinitas perawatan kulit Anda, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. "Sebagian besar produk witch hazel berbahan dasar alkohol," kata Miriam Vega Gonzalez, MD, dokter kulit bersertifikat yang berbasis di Philadelphia.

"Basis alkohol itu memiliki efek mendinginkan, yang diartikan kebanyakan orang untuk menenangkan." Mungkin menenangkan setiap peradangan dalam jangka pendek, namun tidak untuk jangka panjang.

Terutama jika Anda memiliki kulit super sensitif, witch hazel mungkin merupakan formula yang sedikit mengiritasi jenis kulit Anda. "Ini berpotensi menyebabkan dermatitis kontak alergi karena witch hazel berasal dari tumbuhan," jelas Dr. Vega Gonzalez. "Ia memiliki tanin dan eugenol, yang merupakan agen yang seringkali dapat menyebabkan reaksi pada orang yang alergi terhadap zat tersebut."

 

2 dari 4 halaman

Lakukan uji tempel cepat sebelum menggunakannya

Lakukan uji tempel cepat sebelum menggunakannya

Meskipun semua orang tanpa alergi akan baik-baik saja untuk memasukkan witch hazel ke dalam rutinitas, namun Dr. Vega Gonzales tidak merekomendasikannya jika untuk memanfaatkannya secara optimal, namun juga tidak berarti harus dihilangkan dari rutinitas perawatan kulit.

Anda bisa menemui dokter untuk melakukan pengujian atau melakukan uji tempel cepat di bagian punggung tangan, leher, atau oleskan di salah satu titik bagian wajah. jika tidak menimbulkan reaksi maka Anda bisa memanfaatkannya secara maksimal. Berikut ini berbagai manfaat witch hazel, dilansir dari Womenshealthmag:

# 1: Meratakan kulit

“Saya akan menyarankan menggunakan [witch hazel] sebagai toner untuk mereka yang memiliki kulit normal hingga berminyak,” kata Bank. Sifat antiseptiknya membantu menghilangkan bakteri. Cukup oleskan beberapa tetes ke kapas dan gosokkan ke wajah Anda setelah dibersihkan.

# 2: Melawan minyak

Jika Anda merasa kulit terasa sangat berminyak bagaikan memeras gorengan, witch hazel dapat membantu mengeringkannya. Menurut Engelman, manfaatnya untuk menghilangkan minyak berlebih menjadikannya pilihan yang bagus untuk jenis kulit berminyak. Namun pastikan untuk menggunakan pelembab setelah menggunakannya agar kulit tidak terlalu kering.

# 3: Mengobati jerawat

Saat hamil biasanya tidak boleh menggunakan produk make-up seperti retinoid dan asam salisilat untuk melawan jerawat. Maka Anda harus mempertimbangkan untuk mencoba witch hazel. Kemampuannya dalam menghilangkan minyak dan meredakan peradangan, witch hazel adalah pilihan yang bagus, kata Engelman. Gunakan sebagai perawatan spot atau sebagai toner.

# 4: Mencegah benjolan akibat pisau cukur

Sifat anti-inflamasi witch hazel baik untuk mencegah pembentukan benjolan di sekitar folikel rambut Anda. Setelah bercukur, usapkan bola kapas yang dibasahi witch hazel pada kulit yang baru dicukur untuk menjaga kulit tetap tenang dan bebas benjolan.

# 5: Meredakan sengatan matahari

Tentu Anda tetap harus menggunakan SPF, tetapi terkadang ada beberapa area yang terlewatkan. Nah, witch hazel bekerja secara ajaib untuk meredakan nyeri akibat terbakar sinar matahari berkat kekuatan anti-peradangannya. Itu juga memiliki efek pendingin, sehingga rasanya lebih nyaman, kata Engelman.

# 6: Menenangkan gigitan serangga

Witch hazel yang dikombinasikan dengan kompres dingin dan krim hidrokortison pada area bekas gigitan serangga yang terasa gatal, dapat membantu mengurangi rasa gatal dan bengkak. Kecuali tidak ada perbaikan setelah seminggu atau kulit melepuh sebelum seminggu, segera kunjungi dokter.

# 8: Mengencangkan pori-pori

Jika zona T Anda lebih mirip batu apung daripada kulit, gunakan witch hazel. Ini adalah astringent, yang menurut Engleman dapat membantu mengencangkan pori-pori (membuatnya terlihat lebih kecil untuk sementara).

# 9: Menenangkan kemerahan

Engelman mengatakan witch hazel adalah vasokonstriktor, artinya membantu mengencangkan pembuluh darah untuk mengurangi kemerahan.

# 10: Mengurangi ketombe

Engelman menyarankan untuk mencoba witch hazel sebagai perawatan anti ketombe. Caranya seperti menggunakan sampo. Namun ia juga menekankan bahwa efeknya tidak seefektif obat antijamur topikal pada umumnya. Jika ketombe masih berlanjut, hubungi dokter.

# 11: Melawan Infeksi

Witch hazel dapat membantu melawan infeksi yang terbentuk pada kulit Anda. "Witch hazel dapat bertindak sebagai penghalang, mencegah zat penyebab peradangan memasuki sel kulit Anda," kata Roff. "Witch hazel sangat bagus untuk melawan infeksi karena membantu membunuh bakteri dan juga mengurangi peradangan dengan sifat anti-peradangannya."

Jadi jika Anda mencari cara untuk meredakan jerawat yang baru saja muncul, meredakan pembengkakan, bahkan hingga meredakan luka terbuka, witch hazel adalah cara alami untuk mengatasinya.

3 dari 4 halaman

Infografis 5 Khasiat Madu untuk Perawatan Kecantikan

4 dari 4 halaman

Simak Video Berikut Ini: