Sukses

Ini Nih 5 Alternatif Minyak Goreng Selain Mentega

Liputan6.com, Jakarta Mungkin sebagian besar dari kita tidak terlepas dari yang namanya gorengan atau masakan yang menggunakan minyak goreng.

Hampir setiap resep dimulai dengan memanaskan minyak dalam wajan. Dari menyiapkan hidangan pertumisan sederhana hingga menggoreng gorengan, pilihan minyak goreng yang tepat akan menggugahkan selera Anda dan juga memastikan pola makan yang sehat.

Sementara mentega dan ghee sering dijadikan alternatif minyak yang diklaim lebih sehat, rupanya ada minyak-minyak yang memang berkualitas baik hingga mengandung gizi yang baik untuk kesehatan.

Anda sadar akan kesehatan atau mengkhawatirkan kesehatan, sebenarnya bisa tergantung pada jenis minyak goreng yang Anda gunakan dan seberapa banyak Anda menggunakannya.

Sementara beberapa orang percaya bahwa diet sehat merupakan diet bebas minyak, yang tidak sepenuhnya salah, tetapi memilih jenis minyak yang tepat juga dapat bermanfaat bagi tubuh Anda dalam berbagai cara.

Karena itu, berikut ini beberapa alternatif minyak goreng yang sehat, selain mentega dan ghee, dilansir dari TimesofIndia.

1. Minyak mustard

Dari menggoreng hingga menumis, minyak mustard adalah minyak goreng yang cocok untuk semua jenis masakan. Minyak ini kaya akan komponen antioksidan dan mengandung kebaikan murni dari biji mustard.

Tidak hanya membantu menyembuhkan gangguan pencernaan, tetapi juga memiliki sifat antibakteri yang membantu dalam melindungi kulit kita dan juga menjauhkan kita dari berbagai infeksi virus.

2. Minyak zaitun

Kaya vitamin E dan berbagai senyawa antioksidan, minyak zaitun merupakan pengganti yang bagus untuk mentega dan ghee.

Karena jumlah lemak jenuhnya yang rendah, minyak zaitun membantu mengatasi penyakit jantung dan juga mengurangi nyeri sendi.

 

2 dari 4 halaman

3. Minyak kelapa

Populer digunakan dalam masakan India Selatan, minyak kelapa mengandung lemak jenuh tinggi yang hanya meningkatkan kolesterol baik dalam tubuh kita.

Selain memiliki sifat antioksidan, ia juga kaya vitamin E dan poliphenol yang membantu mengatur berat badan Anda selama ketidakseimbangan hormon.

4. Minyak bunga matahari

Sarat dengan vitamin dan nutrisi penting, minyak bunga matahari mengandung lemak tak jenuh ganda yang membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Selain itu, ini juga membantu meningkatkan kekebalan dan mencegah penyakit kardiovaskular. Dari segi rasa, minyak ini juga sangat aromatik.

5. Minyak kacang tanah

Minyak kacang tanah adalah minyak goreng serba guna yang sangat tinggi lemak tak jenuh tunggal dan lemak tak jenuh ganda, yang membantu mengurangi kolesterol tidak sehat. Selain itu, ini juga merupakan pengganti yang bagus untuk keperluan perawatan kulit karena kaya akan vitamin E dan sifat antioksidan.

3 dari 4 halaman

Infografis 5 Khasiat Madu untuk Perawatan Kecantikan

4 dari 4 halaman

Simak Juga Video Berikut Ini: