Sukses

Tips Tetap Ramping Pasca-Melahirkan Tanpa Olahraga Berat

Liputan6.com, Jakarta Meskipun berolahraga adalah metode yang pasti untuk menjaga berat badan Anda tetap terkendali, secara fisik ibu baru mungkin tidak dapat melakukan latihan.

Mereka dianjurkan untuk beristirahat dan mencegah ketegangan apa pun, yang mengesampingkan kemungkinan berolahraga setidaknya selama beberapa minggu.

Kehamilan menyebabkan penambahan berat badan dan kurang aktivitas fisik dapat membuat berat badan Anda bertambah setelah melahirkan.

Untuk menjaga berat badan Anda dan mengelolanya dengan baik, berikut beberapa tips yang dapat Anda gunakan, jika Anda adalah ibu baru yang berurusan dengan masalah berat badan, dilansir dari TimesofIndia.

1. Hindari melewatkan makan

Melewatkan makan adalah kesalahan terburuk yang dilakukan orang saat mencoba menurunkan berat badan. Ini adalah anggapan umum bahwa mengurangi asupan akan membantu menurunkan berat badan tetapi justru sebaliknya.

Ketika Anda membuat tubuh Anda tetap lapar dengan melewatkan makan penting hari itu, metabolisme tubuh Anda melambat.

Proses ini tidak hanya mengekstraksi lebih banyak lemak dari makanan terbatas yang Anda makan tetapi juga menyimpannya di dalam tubuh, yang menyebabkan penambahan berat badan lebih lanjut.

2. Kontrol porsi

Daripada melewatkan waktu makan, Anda dapat menyesuaikan makanan sesuai dengan kebutuhan nutrisi.

Anda dapat dengan mudah memasukkan empat makanan berbeda ke dalam diet Anda jika Anda merencanakannya dengan bijaksana sepanjang hari.

Mengonsumsi makanan secara terkontrol akan memiliki efek yang jauh lebih baik pada tubuh Anda dalam hal penurunan berat badan, daripada melewatkan makan.

Anda harus menghubungi ahli gizi Anda untuk membantu Anda membuat bagan diet untuk mencukupi kebutuhan nutrisi harian, bersama dengan kontrol porsi.

2 dari 4 halaman

3. Singkirkan gula dan karbohidrat olahan

Makanan yang kaya gula dan gorengan harus dikeluarkan dari daftar diet Anda terutama setelah melahirkan.

Selama ini tubuh Anda membutuhkan nutrisi yang tepat seperti vitamin, serat, dan mineral, yang dapat dengan mudah diambil dari makanan sehat.

Makanan penutup, soda, dan makanan berminyak tidak hanya menambah berat badan Anda, tetapi juga berdampak negatif pada kesehatan Anda setelah melahirkan.

Mengidam adalah hal yang umum setelah kehamilan, yang dapat dipuaskan melalui makanan pengganti atau dengan makanan pencuci mulut dalam jumlah kecil.

4. Tidur yang cukup

Kebanyakan orang mengabaikan keterkaitan tidur dengan berat badan. Pola tidur yang tepat tidak hanya penting untuk mengisi energi Anda, tetapi juga mencegah sejumlah masalah kesehatan.

Ini terbukti dengan ibu yang kurang tidur memiliki waktu yang lebih sulit untuk menghilangkan lemak setelah melahirkan daripada mereka yang bisa tidur cukup.

3 dari 4 halaman

Infografis Menanti Hasil Uji Klinis Calon Vaksin Covid-19

4 dari 4 halaman

Simak Video Berikut Ini: