Sukses

Lawan Ketakutan dengan Mencoba Berkata ‘Ya’

Liputan6.com, Jakarta Sangat mudah untuk mengatakan ‘tidak’ jika Anda yakin tidak dapat mencapai sesuatu yang mungkin menjadi sangat bermanfaat jika bisa dilewati.

Mengutip dari Freemalaysiatoday, Jumat (2/10/2020) seperti ungkapan banyak orang “tidak akan pernah mengetahui jika belum mencobanya.” Cobalah untuk berkata ‘ya’ ketika Anda merasa takut akan penilaian atau menarik diri dari tantangan yang berada di luar zona nyaman.

Biarkan alam mengejutkan Anda dan mungkin akan menemukan kekuatan atau keterampilan yang tidak pernah Anda ketahui sebelumnya.

Mungkin Anda takut untuk berkata ‘ya’ karena sudah ditakuti oleh bayangan yang sulit untu dilakukan. Rasa takut akan datang dalam berbagai bentuk, terutama ketakutan akan hal-hal yang tidak diketahui sebelumnya. Banyak yang takut akan perubahan apa yang mungkin akan terjadi sehingga mereka bermain amannya saja.

Namun ketika membiarkan diri Anda untuk menjelajahi hal baru dapat menyegarkan kekuatan. Sehingga jika Anda berani untuk mengatakan ‘ya’ maka akan memulai suatu eksperimen yang menarik.

Jika Anda menjalani hidup dengan keyakinan yang tertanam bahwa ‘Anda bisa’ maka Anda sudah meraih impian daripada percaya ‘Anda tidak bisa’.

Rasa ketakutan dapat membarasi dan menahan seseorang untuk menyadari potensi yang sebenarnya mereka miliki.

Memang sangat menegangkan saat melakukan suatu hal yang belum pernah Anda lakukan sebelumnya. Namun saat berhasil melakukannya maka Anda akan menyadari bahwa ketakutan jauh lebih buruk daripada kenyataan yang sudah dilalui.

Saat menaklukkan rasa takut, ada rasa percaya diri bahwa Anda akan mampu menangani apapun yang menghadang di depan.

Jadi, mulailah dengan melakukan sesuatu yang kecil, yang terasa seperti memberi diri Anda kesempatan untuk berkembang, untuk menemukan lebih banyak hal baru di dalam diri yang tidak pernah Anda ketahui sebelumnya.

Ketakutan akan selalu ada di dalam diri Anda, namun ketika Anda cukup berani untuk menghadapinya maka mereka akan kehilangan kekuatannya.

 

Reporter: Tasya Stevany

2 dari 2 halaman

Saksikan video di bawah ini: