Sukses

Trik Menentukan Budget untuk Menikah

Akan ada banyak anggaran pengeluaran yang tentunya harus Anda korbankan untuk acara yang sempurna.

Liputan6.com, Jakarta Acara pernikahan adalah hal teristimewa yang terjadi sekali seumur hidup Anda. Satu hal yang menjadi fokus Anda adalah untuk bisa menjadi wanita paling luar biasa di hari itu.

Sehingga wajar jika Anda menginginkan segala sesuatunya berjalan dengan sempurna dan sesuai dengan apa yang Anda bayangkan.

Akan ada banyak anggaran pengeluaran yang tentunya harus Anda korbankan untuk acara yang sempurna. Namun demikian, Anda juga perlu berhati-hati untuk setiap pengeluaran agar tidak menyulitkan Anda dikemudian hari.

Berikut ini adalah sketsa singkat tentang apa yang perlu Anda persiapkan ketika merencanakan anggaran pernikahan, dilansir dari unthinkable.fm

1. Menyortir angka

Langkah pertama dan terpenting untuk merencanakan anggaran pernikahan Anda adalah mencari tahu berapa banyak orang yang Anda undang. Semakin banyak orang yang Anda undang, biayanya juga semakin mahal. Sehingga perlu menentukan jumlah ini untuk merencanakan anggaran pernikahan Anda.

Hal utama yang perlu Anda keluarkan untuk tamu adalah makanan dan minuman karena diharapkan ini akan diberikan secara gratis di pesta pernikahan Anda. Jumlah tamu juga akan mempengaruhi ukuran tempat pernikahan. Sekali lagi, semakin besar tempatnya, semakin mahal biaya pernikahannya.

Anda harus mengetahui jumlah tamu Anda sehingga Anda dapat memilah pengaturan transportasi dan tempat duduk juga. Setelah menentukan berapa banyak orang yang akan datang, sisa anggaran Anda akan menyusul.

2. Menentukan Lokasi

Anggaran Anda juga akan dipengaruhi oleh tempat pernikahan yang Anda pilih. Mau itu di luar negeri, di masjid/gereja setempat, atau di rumah juga bisa. Luas tempat dan lokasi yang Anda inginkan akan berdampak pada berapa banyak uang yang Anda perlukan untuk berinvestasi.

Musim penyewaan tempat juga akan memengaruhi berapa biayanya. Sebagian besar tempat lebih mahal di musim puncak pernikahan, yang biasanya berlangsung dari Mei, Juni, Juli, Agustus, dan September.

Ini juga merupakan bulan-bulan puncak pariwisata. Jika tempat pernikahan Anda jauh dan mengharuskan Anda mencari akomodasi, ini harus diperhitungkan dalam anggaran Anda.

Bagi mereka yang mengadakan pernikahan di luar negeri, jangan lupa untuk memperhitungkan biaya tiket penerbangan bagi Anda dan tamu Anda. Terakhir, Anda perlu memperoleh asuransi kewajiban publik. Ini untuk berjaga-jaga jika terjadi kerusakan pada properti saat Anda berpesta.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Memilih Event Organizer

Saat menganggarkan pernikahan, Anda harus menentukan persediaan apa yang Anda butuhkan, di samping berapa banyak Anda bersedia membayar untuk masing-masing. Anda juga perlu meluangkan waktu untuk menemukan event organizer pernikahan yang tepat sehingga Anda bisa mendapatkan uang Anda. Untuk membantu Anda memutuskan apa yang sebenarnya Anda butuhkan, berikut ini beberapa perlengkapan pernikahan penting:

- Bunga. Perlu diingat bahwa toko bunga itu mahal. Pilih tandan apa pun yang menurut Anda paling cocok dengan tema perayaan Anda. Pernikahan tradisional biasanya menggunakan mawar putih, sedangkan buket warna-warni bunga musim panas lebih baik untuk tema tropis.

- Dekorasi. Jika Anda ingin tempat tersebut terlihat cantik dalam foto, bagian ini sangat penting. Beberapa orang suka menghabiskan banyak uang untuk dekorasi, sedangkan yang lain lebih suka lebih konservatif. Bagaimanapun, belilah dekorasi yang sesuai dengan tema Anda.

- Penata rias dan penata rambut. Foto-foto yang Anda ambil pada hari pernikahan Anda bertahan selamanya. Masuk akal jika setiap orang ingin tampil terbaik di hari besar mereka. Berarti Anda membutuhkan penata rias dan penata rambut. Jangan lupakan gaun pengantin yang akan Anda kenakan bersama pasangan di hari itu.

- Fotografer. Fotografer yang baik akan menangkap semua emosi dan kegembiraan hari pernikahan Anda, menjaga kenangan itu tetap hidup. Plus, Anda dapat menunjukkan foto-foto ini kepada generasi masa depan keluarga Anda.

4. Mempertimbangkan Hiburan

Pernikahan Anda bukan hanya sekedar upacara, itu juga perayaan. Dan hiburan dibuthkan di setiap perayaan. Oleh karena itu, hal ini perlu menjadi pertimbangan ketika merencanakan anggaran pernikahan Anda, terutama jika Anda ingin tamu Anda berpesta hingga larut malam.

Sewalah live band untuk musik. Anda juga bisa mengundang pesulap untuk menghibur anak-anak. Hiburan pernikahan mungkin termasuk pameran kembang api atau photo booth juga. Pertimbangkan apa yang sebenarnya Anda inginkan untuk perayaan Anda dan berapa biayanya sehingga Anda dapat merencanakan anggaran Anda secara efektif.

5. Makanan dan minuman

Seperti yang disebutkan sebelumnya, katering akan menghabiskan sebagian besar anggaran Anda. Biasanya, Anda perlu memberi tamu Anda dua atau tiga hidangan. Berapa biaya katering akan sangat tergantung pada kualitas makanan. Dan ada baiknya menghabiskan lebih banyak untuk menu yang lebih enak dan lebih bervariasi.

Jika anggaran Anda terbatas, kami sarankan untuk berinvestasi di bar terbuka untuk resepsi pernikahan Anda. Ini tidak hanya menarik tamu ke pesta pernikahan tetapi juga mendorong mereka untuk tinggal lebih lama.

Tentang katering, jangan lupa kue pernikahan. Ini adalah permata terpenting dari acara tersebut. Setiap orang memiliki irisan, sehingga perlu terlihat dan terasa lezat. Karena itu, Anda perlu menyisihkan sejumlah besar anggaran Anda untuk satu.

Dengan mempertimbangkan lima hal ini saat merencanakan anggaran, Anda pasti akan menciptakan kenangan abadi di hari pernikahan Anda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.