Sukses

10 Tips Merawat Kulit Kering

Kulit kering bisa menjadi masalah, terutama di musim dingin (jika bepergian ke negara saat musim dingin). Atau faktor lainnya seperti keturunan, penggunaan obat, dan paparan polusi yang berlebihan.

Liputan6.com, Jakarta Kulit kering adalah suatu kondisi di mana kulit tidak dapat mempertahankan kelembabannya atau memiliki tingkat produksi sebum yang rendah. Kejadiannya bisa alami atau karena faktor lingkungan yang berbeda.

Tips kecantikan untuk kulit kering:

Kulit kering bisa menjadi masalah, terutama di musim dingin (jika bepergian ke negara saat musim dingin). Atau faktor lainnya seperti keturunan, penggunaan obat, dan paparan polusi yang berlebihan.

Tidak satupun individu yang lebih suka mempertahankan kondisi kulit kering mereka. Maka dari itu, berikut ini merupakan beberapa tips perawatan kulit kering yang bagus dan alami yang akan membantu Anda menghilangkan rasa kering serta memberikan kulit yang lembut, berkilau dan terhidrasi.

1. Atur waktu mandi

Persingkat waktu mandi Anda. Saat mandi, gunakan air hangat, karena air yang terlalu panas dapat mengeringkan minyak alami kulit. Sebaiknya gunakan sabun dan sabun muka yang lembut untuk membantu mengurangi risiko pengupasan kelembaban.

2. Perawatan setelah mandi

Setelah mandi, jangan pernah menggosok tubuh dengan handuk hingga kering, cukup keringkan sisa airnya. Cara ini akan membantu menjaga kulit ANda tetap lembut dan kenyal serta mengurangi risiko iritasi kulit.

Setelah selesai mandi, gunakan moisturizer/pelembab. Moisturizer tidak menambah kelembaban pada kulit Anda, namun bisa membantu kulit Anda dalam mempertahankan air yang memang sudah ada di dalam kulit. Jadi setelah mandi adalah waktu terbaik untuk memakai lotion.

3. Resep moisturizer terbaik

Pastikan lotion pelembab yang Anda gunakan memiliki bahan-bahan ramah kulit kering seperti dimethicone, yang merupakan silikon yang menjebak kelembaban. Asam hialuronat, minyak mineral, serta petroleum jelly, yang semuanya diklaim sebagai bahan yang ramah kulit.

4. Jangan gunakan produk anti-aging

Produk anti-penuaan/anti-aging sangat terlarang bagi pemilik kulit kering. Namun jika Anda ingin menggunakannya, pastikan bahwa produk terbebas dari retinoid atau AHA, karena bahan-bahan ini dianggap sangat mengiritasi kulit kering.

 

Simak Video Menarik Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

5. Coba suplemen minyak ikan

Untuk menyehatkan kulit secara menyeluruh, konsumsilah makanan dan suplemen sehat. Beberapa minyak juga bekerja dengan baik jika ditelan (bukan produk untuk eksternal). Penelitian menunjukkan minyak ikan seperti minyak hati ikan kod dapat membantu menenangkan kulit kering, terutama karena asam omega 3-nya.

6. Rawat tangan dan kaki

Gunakan sarung tangan dan kaus kaki di musim dingin untuk melindungi tangan dan kaki Anda dari kekeringan. Pastikan untuk melembabkan tangan dan kaki Anda dengan scrub dan pelembab yang dirancang khusus untuk kulit kering.

7. Rawat bibir

Bibir cenderung mudah pecah-pecah, jadi gunakan scrub bibir untuk mengelupasinya (eksfoliasi) dan memberi nutrisi pada bibir Anda. Bahkan scrub bibir buatan sendiri dengan gula dan lemon juga baik. Gunakan lip balm dan oleskan setiap beberapa jam! Pastikan Anda melindungi bibir dari debu, polusi, dan angin musim dingin yang kencang. Semua itu alasan penyebab bibir kering.

8. Eksfoliasi

Gosok kulit Anda setidaknya dua kali seminggu, jika Anda memiliki kulit sensitif maka seminggu sekali. Tapi singkirkan kulit mati itu dari wajah Anda. Namun, pastikan untuk menggunakan produk yang sesuai dengan kulit kering serta pastikan bahwa produk tersebut berkualitas tinggi.

9. Gunakan tabir surya (sunscreen)

Karena kulit kering rentan terhadap keriput dan penuaan, sinar matahari dapat menyebabkan lebih banyak kerusakan. Jadi, selalu gunakan sunscreen untuk membantu kulit Anda terlihat lebih muda. Penting juga untuk mengetahui SPF yang tepat untuk warna dan jenis kulit Anda. Gunakan rekomendasi dokter sebelum membeli produk sunscreen.

10. Kunjungi dermatolog

Jika Anda telah mencoba segalanya dan masih memiliki kulit yang sangat kering, kunjungi dokter. Anda mungkin memiliki masalah seperti eksim dan mungkin memerlukan obat untuk itu.

Tips Kecantikan Buatan Rumah untuk perawatan Kulit Kering:

1. Campur bubur daging lidah buaya (aloe vera) dengan satu sendok krim kocok dan satu sendok madu. Campur bahan-bahan ini secara menyeluruh dan oleskan pada wajah selama 10 hingga 15 menit. Kemudian bilas dengan air bersih.

2. Gosokkan pada kulit wajah satu sendok bubur pepaya selama beberapa saat. Kemudian bilas dengan air bersih.

Perawatan kulit secara teratur akan membantu Anda memiliki kulit yang lembut, kenyal, dan berkilau, sekaligus mengurangi risiko garis-garis halus, kerutan, crows feet (kerutan di ujung mata) dan ruam. Semoga tips kecantikan kulit kering ini dapat membantu kulit Anda menjadi lembut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.