Sukses

Batu hingga Baby Oil, 10 Benda Aneh Ini Efektif Membersihkan Toilet

Liputan6.com, Jakarta Beberapa jenis pembersih memang terkesan aneh, namun jangan remehkan bahan-bahan berikut ini. Karena mereka bisa mengembalikan warna toilet Anda seperti saat awal membelinya.

Berikut ini 10 bahan aneh namun mampu membersihkan toilet Anda seperti semula, dilansir dari The Spruce.

1. Coca-cola

Mungkin Anda sudah sering mendengar kemampuannya, namun kemampuannya melepas karat memang benar adanya. Tuangkan sekaleng penuh cola ke sekitar toilet, lalu diamkan selama minimal sejam untuk memastikan asam pada soda telah memecah noda. Kemudian, gosok dengan sikat toilet, lalu siram.

Jika ini tidak efektif, lakukan langkah beirkutnya.

2. Gosok dengan batu apung

Batu apung ruanya mampu menhilangkan noda membandel di permukaan. Mulai dengan merendam apung dalam air hangat, batu dan permukaan toilet harus dalam keadaan basah untuk menghindari goresan. Lalu gosok noda dengan lembut sampai hilang, lalu siram toilet.

3. Cuka putih

Pakar Green living, Mark Lallanilla, mengatakan bahwa cuka putih tua tidak hanya pembersih yang efektif tetapi juga lebih aman daripada pemutih klorin. Untuk menghilangkan noda air yang mengerak, rendam kertas toilet dalam cuka dan letakkan langsung di atas noda. Biarkan kertas yang direndam cuka semalaman. Di pagi harinya, bilas dan nodanya akan hilang.

4. Hidrogen Peroksida

Untuk mendisinfeksi toilet Anda, tuangkan ½ cangkir hidrogen peroksida ke dalam mangkuk, diamkan selama 30 menit, lalu siram untuk membunuh kuman dengan efektif.

5. Fizzy Toilet Bomb

Anda dapat membelinya di toko atau membuatnya sendiri agar lebih murah. Fizzy ini mampu membersihkan dan menghilangkan bau toilet. Tinggal memasukkannya ke dalam tangki, sehingga setiap kali Anda flush, fizzy ini akan membersihkan noda sekaligus menghilangkan bau.

 

2 dari 2 halaman

6. Minyak bayi

Oleskan dengan beberapa tetes minyak bayi pada kain bersih. Lalu terapkan pada keran/tombol toilet. Anda juga bisa meneteskannya pada tangki toilet dan mangkuk toilet, lalu Anda bisa lihat toilet Anda menjadi mengkilap.

7. Cat kuku

Anda bisa mengoleskan cat kuku pada permukaan toilet untuk mencegah toilet berkarat. Ini juga mencegah kursi tiolet bergeser, karena sekrup yang telah diolesi cenderung tidak akan kendur.

8. Air mendidih

Untuk memperbaiki toilet yang tersumbat tanpa bahan kimia, cukup tuangkan setengah panci air mendidih ke dalam toilet untuk melarutkan penyumbatnya.

9. Bubble wrap mengurangi kondensasi

Pertama, matikan katup air ke toilet, lalu kosongkan tangki toilet. Setelah memastikan tangkinya kosong, lapisi bagian dalam tangki dengan bubble wrap.

10. Botol plastik soda untuk menghemat air

Jika toilet Anda bukan model baru yang memiliki fitur menghemat air, ada cara mudah dan murah untuk mengurangi pemborosan air. Isi botol plastik 1L kosong dengan pasir sebanyak 1-2 inci, lalu tambahkan air hingga penuh. kencangkan tutup botol dan letakkan botol di dalam tangki toilet. Botol ini akan membantu mengurangi penggunaan air pada setiap flush.