Sukses

Ingin Bahagia dan Sukses? Cobalah Lebih Berbelas Kasih

Liputan6.com, Jakarta Anda sedang mencari cara untuk menjadi lebih bahagia?. Atau ingin lebih dekat dengan teman atau mendapatkan lebih banyak teman baru?. Mungkin juga sedang berharap memiliki hubungan yang lebih baik dengan rekan kerja?

Coba sedikit lebih berbelas kasih.

Belas kasih, didefinisikan sebagai bentuk perasaan cinta kasih saat melihat penderitaan orang lain. "Ini berhubungan tetapi sedikit berbeda dari empati, yang didefinisikan sebagai "perasaan dengan seseorang, dalam berbagi emosi dengan orang lain.

Beberapa pihak dinilai telah membuktikan hal ini. Melansir laman CNN, Rabu (3/6/2020), Tim olahraga, staf militer hingga profesional AS menemukan kesuksesan saat menerapkan pelatihan berbasis mindfulness dan belas kasih.

Kemudian tim baseball yang memasukkan latihan mindfulness ke dalam rutinitas mereka, Chicago Cubs, ternyata sukses memenangkan World Series.

"'Pelatihan ini bukan untuk para pengecut, seperti dikatakan mahasiswa pascasarjana saya, yang merupakan mantan pemain sepak bola," kata Amishi Jha, profesor psikologi.

"Ini merupakan hal yang sangat berat bagi mareka yang tangguh yang ingin membuat dunia lebih baik dan mendapatkan keuntungan secara pribadi," tambah dia.

Jha saat ini dikontrak Departemen Pertahanan AS untuk mengajarkan perhatian dan kasih sayang kepada staf militer di AS.

Di University of Miami, ia juga mengajarkan para pemain sepak bola dan mahasiswa reguler untuk bertahan menghadapi stres tinggi, hingga mengatur stres tersebut.

Apa yang dia, dan banyak cendekiawan lain temukan, kunci dari semua itu adalah belas kasih. Siapapun yang berbelas kasih cenderung memiliki hubungan yang lebih dalam dengan orang lain dan lebih banyak teman.

Mereka lebih pemaaf dan memiliki tujuan hidup yang lebih kuat. Banyak penelitian telah menunjukkan hasil ini.

Belas kasih juga memiliki manfaat ke diri pribadi secara langsung. Orang yang berbelas kasih cenderung lebih bahagia, lebih sehat, lebih percaya diri, dan lebih tangguh.

2 dari 2 halaman

Caranya

Bagaimana Anda bisa menerapkan ini?

Banyak hal bisa mengajari Anda tentang berbelas kasih, bahkan tanpa mengeluarkan biaya. Anda bisa mulai dengan latihan biasa yang disebut Meditasi Cinta Kasih. Hal yang dibutuhkan adalah ruang yang sunyi dan sekitar 20 menit, atau 15 menit.

Di ruang sepi itu, duduklah dalam posisi yang nyaman. Fokus pada napas dan cobalah menjernihkan pikiran. Kuncinya adalah untuk hadir di ruang itu pada waktu itu.

Kemudian secara mental fokuslah pada area jantung dan pikirkan seseorang yang disukai. Ini bisa pasangan, ibu atau anak.

Pikirkan hal-hal positif itu sebentar. Kemudian sampaikan perasaan yang sama terhadap diri Anda. Renungkan hal itu sebentar. Kemudian perluas perasaan itu kepada orang lain.

Mungkin pikirkan seseorang yang tidak dekat dengan Anda dan pikirkan dengan lembut tentang mereka.

Seiring waktu, tambahkan lebih banyak ke lingkaran orang itu. Setelah sedikit latihan, Anda dapat menambahkan orang yang jadi sasaran.

Ini mungkin kedengarannya sedikit aneh, tetapi beberapa penelitian menunjukkan latihan sederhana ini benar-benar memperkuat rasa iba Anda.

Rasa belas kasih membantu otak menjadi lebih fleksibel dan secara naluriah membantu Anda menjadi lebih altruistis, atau pro-sosial, terhadap orang lain.