Sukses

Jelang Puasa, Begini Cara Menyimpan Daging Ayam di Kulkas

Liputan6.com, Jakarta Ayam memang enak, tetapi ketika memasak dan menyimpannya di rumah harus berhati-hati untuk tetap mendapatkan daging yang segar dan enak.

Biar tidak salah langkah dan mendapatkan daging ayam olahan yang baik, simak nih cara untuk menyimpan daging ayam dalam kulkas, seperti melansir laman Lifehacker, Rabu (22/4/2020): 

1. Simpan pada wadah yang longgar 

Ketika daging disimpan tanpa bungkus, permukaan yang terbuka akan mengering. Pengeringan ini menghambat pertumbuhan mikroba tetapi pengeringan yang berlebihan menyebabkan perubahan warna yang tidak diinginkan dan hilangnya rasa.

Kompromi dapat dicapai dengan menyimpan daging  dalam wadah berventilasi memadai atau melonggarkan pembungkus daging sehingga udara dapat bersirkulasi.

2. Wadah yang tepat

Baja tahan karat atau rak plastik adalah taruhan terbaik  dalam hal permukaan untuk menyimpan ayam Anda. 

 

2 dari 2 halaman

Tips Lain

3. Bekukan Ayam dan Cairkan di dalam kulkas 

Jika tidak berencana menggunakan ayam mentah dalam waktu 24-48 jam, bekukan. Dan ketika Anda mencairkannya, pastikan itu ada di lemari es dan bukan di meja.

4. Jangan Menyimpan Ayam lebih dari dua hari 

Dibutuhkan perencanaan ekstra -ayam tanpa tulang seharusnya baik untuk disimpan. Sementara seekor ayam utuh bisa memakan waktu sehari.

Dan pastinya jangan membekukan ayam yang dicairkan dan  tidak boleh menyimpan ayam mentah di lemari es lebih dari dua hari.

Reporter : Tiara Sekarini