Sukses

Cokelat hingga Mawar, Fakta Barang yang Kerap Jadi Hadiah Valentine

Liputan6.com, Jakarta Hari Valentine menjadi momen yang banyak ditunggu sebagian warga dunia. Terutama mereka yang sedang memadu kasih. Meski perayaan Valentine juga miliki mereka yang saling mengasihi, tak sebatas kekasih.

Di Hari Valentine, identik  dengan berbagai hadiah, tanda ungkapan cinta. Mulai dari memberi bunga, cokelat, dan kartu berbentuk hati untuk orang terkasih.

Tetapi apakah kamu tahu mengapa Valentine selalu berhubungan dengan coklat? Melansir dari Readers’s digest, simak beberapa fakta tentang hadiah di Hari Valentine di bawah ini.

1.  Bunga mawar

Pada era Victoria, orang-orang mengekspresikan emosi mereka melalui floriografi atau melalui bahasa bunga. Memberi jenis bunga tertentu artinya hendak menyampaikan suatu pesan. Mawar berarti kasih sayang.

2. Pakaian warna merah

Sejak lama, merah dianggap sebagai warna yang ceria dan bergairah. Sebuah studi dari psikologi University of Rochester menemukan bahwa pria memandang wanita yang mengenakan pakaian warna merah akan lebih signifikan lebih menarik dan daripada wanita yang mengenakan warna lain. Begitu pun sebaliknya. Merah melambangkan kepercayaan diri, spontanitas, dan tekad.

 

 

2 dari 3 halaman

3. Identik dengan Cokelat

Richard Cadbury dan keluarganya merupakan pebisnis cokelat yang memiliki taktik bisnis yang cerdas. Cadbury merancang kotak indah untuk cokelat barunya, termasuk yang spesial pada hari valentine dengan cupid dan mawar. Diyakini bahwa ia membuat kotak permen berbentuk hati pertama, meskipun ia tidak mematenkannya.

 

3 dari 3 halaman

4. Surat

Pertengahan abad ke-18, membagikan catatan tulisan tangan dan tanda-tanda kasih sayang lainnya merupakan kebiasaan di Hari Valentine yang umum di Inggris.

Seiring dengan meningkatnya teknologi pencetakan, dibuatlah surat semacam kartu yang sudah tercetak tulisan. Sekarang, sekitar 114 juta kartu dikirimkan setiap hari valentine.

5. Merpati simbol cinta

Merpati lebih dikenal karena hubungannya dengan kedamaian, tetapi tidak ada salahnya dekorasi hari valentine yang menampilkan burung-burung putih ini.

Hubungan merpati dengan tanggal cinta kembali ke mitologi Yunani. Merpati adalah burung suci dewi cinta Aphrodite yang sangat disukainya. Merpati cenderung tinggal dengan pasangan yang sama sepanjang musim.

 

Reporter : Helena Yupita

Loading