Sukses

Ingin Bercerai di Usia Muda, Pertimbangkan 4 Hal Ini

Liputan6.com, Jakarta Dulu, kita tidak biasa mendengar pasangan bercerai saat masih berusia 20-an. Saat ini, di generasi milenial - terutama mereka yang berusia antara 25 dan 35 - merangkul gagasan "pernikahan pemula," sekarang telah menjadi lebih umum terjadi.

Jika Anda termasuk dalam kategori yang ingin bercerai muda, ada beberapa pertimbangan yang harus Anda ketahui jika Anda ingin bercerai  atau mempertimbangkan perceraian.

Berikut yang perlu Anda pertimbangkan melansir dari Business Insider, Selasa (28/1/2020)

2 dari 5 halaman

Apakah Memiliki Perjanjian Pranikah?

Pengacara dan ahli hukum keluarga, sama-sama telah mencatat terjadi peningkatan tajam para milenial yang memiliki perjanjian pranikah.

Jika Anda memilikinya, tinjau perjanjian tersebut dengan hati-hati dengan seorang pengacara untuk menentukan bagaimana itu akan mempengaruhi situasi Anda.

Jika tidak memiliki perjanjian pranikah, terserah Anda dan pasangan Anda untuk menyelesaikan klaim masing-masing untuk distribusi yang adil (pembagian properti), tunjangan, dan - jika Anda memiliki anak - hak asuh dan dukungan anak harus terbagi dengan adil.

Anda harus berkonsultasi dengan pengacara hukum keluarga sedini mungkin. Seorang pengacara tidak hanya dapat menjelaskan setiap aspek dari kasus Anda, tetapi ia dapat menyarankan Anda tentang pilihan untuk menyelesaikannya.

3 dari 5 halaman

Bagaimana Membayar Biaya Perceraian?

Perceraian bisa menjadi proses yang mahal. Jika Anda memiliki anak dengan pasangan Anda itu akan menjadi sesuatu yang dipertimbangkan dengan rumit,  Anda mungkin memiliki sedikit pilihan selain berjuang untuk apa yang Anda yakini terbaik untuk anak-anak dan keluarga Anda.

Luangkan waktu untuk memprioritaskan tujuan Anda dan, putuskan apa yang benar-benar penting bagi Anda. Apa yang perlu Anda hindari dari pernikahan, dan apa yang rela Anda tinggalkan.

Seorang pengacara dapat memberi tahu Anda apa yang - dan apa yang tidak - layak diperebutkan. Dengan kata lain, itu mungkin bukan keputusan keuangan yang baik untuk membayar pengacara Anda ratusan dolar per jam.

Akhirnya, Anda akan membayar pengacara lebih dari apa yang Anda bayarkan.

4 dari 5 halaman

Apakah Anda Menggunakan Media Sosial?

Pasti jawaban ini terlantang dengan tegas, "Ya!" Jika demikian, jangan gunakan akun media sosial Anda sebagai outlet untuk melampiaskan hubungan Anda yang gagal dengan calon mantan.

Ini terutama jika Anda berbagi hak asuh dengan pasangan Anda dan mungkin berakhir di pengadilan untuk menentukan hak asuh anak-anak Anda. Ingat pepatah lama, "Jika Anda tidak memiliki sesuatu yang baik untuk dikatakan, jangan katakan apa-apa"? Ini juga berlaku untuk posting Anda di media sosial.

Anda juga harus berhati-hati untuk tidak memposting foto atau konten, meskipun hanya dengan senang hati, yang dapat digunakan untuk menggambarkan Anda dalam cahaya negatif.

5 dari 5 halaman

Bagaimana Anda Menjaga Diri Sendiri Pasca-Perceraian?

Untuk usia 20-an yang menghadapi perceraian, mungkin mereka menghabiskan sebagian besar masa muda mereka dengan “calon mantan” mereka. Akhir dari hubungan ini - dan dipaksa untuk bergerak maju tanpa mantan pasangan.

Maksimalkan support system dari keluarga, teman, dan rekan kerja Anda. Bicaralah dengan seorang konselor atau terapis yang dapat membantu Anda mengatasi kejatuhan emosional yang terkait dengan akhir hubungan Anda.

Ambil langkah-langkah praktis, seperti duduk bersama perencana keuangan, untuk memahami aspek-aspek manajemen rumah tangga yang sebelumnya mungkin telah Anda delegasikan kepada pasangan Anda.

Pastikan Anda mengambil pendekatan holistik saat mengatasi perpisahan dan perceraian Anda.

Sementara saya memiliki sedikit keraguan bahwa banyak dari Anda benci berada di posisi ini, menjalani perceraian di usia 20-an bukanlah akhir dari segalanya.

Bahkan, jika Anda menyikapinya dengan pola pikir yang benar, ini bisa menjadi awal dari babak baru kehidupan. Mendidik diri sendiri tentang efek perceraian Anda, cerdas tentang bagaimana Anda berperilaku selama perceraian, dan jaga diri Anda.

 

Reporter : Danar Jatikusumo

Loading
Artikel Selanjutnya
Jurus BP Jamsostek Gaet Milenial di Sulsel
Artikel Selanjutnya
Tips Generasi Milenial Atur Keuangan Supaya Tidak Bokek