Sukses

Ingin Tetap Bisa Jalan- jalan di Masa Pensiun, Simak Tipsnya

Menabung yang cukup untuk masa pensiun kadang terasa seperti rintangan besar.

Liputan6.com, Jakarta Menabung yang cukup untuk masa pensiun kadang terasa seperti rintangan besar. Tetapi tidak untuk Josh Jalinski.

Seperti melansir dari CNBC, Kamis (14/11/2019), penulis "Retirement Reality Check" ini memiliki tiga tips menghemat uang yang dapat membantu Anda membayar biaya perjalanan di masa pensiun. Berikut tipsnya:

1. Mulai menabung

Josh Jalinski menyarankan untuk memaksimalkan tabungan seperti menyimpan 10 persen hingga 15 persen dari penghasilan Anda setiap bulan. Dengan catatan menabung sesegera mungkin.

2. Fokus pada pendapatan

Menurut Josh banyak orang yang fokus pada alokasi dan diversifikasi aset daripada pendapatan aktual yang dibutuhkan dalam masa pensiun.

"Pikirkan tentang strategi untuk menghabiskan yang tepat di mana Anda bisa menghabiskan uang Anda sampai hari Anda mati," jelas Josh.

Saksikan video di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Pajak

Josh menjelaskan banyak orang tidak memaksimalkan manfaat pajak mereka.

Josh mengatakan jika Anda memiliki 10 persen dari tabungan pensiun Anda, ia menyarankan untuk memasukkan 5 persen ke dalam investasi yang bebas dari pajak.

Dengan begitu Anda dapat menarik sebagian tabungan Anda dan bebas pajak di kemudian hari.

Reporter: Chrismonica

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.