Sukses

5 Tips Hindari Stres Tentang Uang

Liputan6.com, Jakarta Hampir setiap orang di seluruh dunia pernah merasakan kecemasan berkaitan dengan uang. Rata-rata mereka mengeluhkan jika kecemasan finansial membenani pikiran setiap hari. Bahkan ada beberapa orang merasa terganggu saat beristirahat di malam hari.

Namun, ada langkah-langkah kecil yang dapat diambil untuk mengurangi kecemasan dan meningkatkan kesejahteraan finansial.

Berikut tips yang dilansir dari CNBC, Kamis (17/10/2019):

1. Mulai menabung

Ini mungkin adalah tips yang paling sering diberikan banyak orang. Tetapi tips ini sangat berguna ketika Anda terus menyisihkan uang yang Anda miliki, sekecil apapun itu.

Vishal Jain, seorang CEO Kesejahteraan Finansial FairQuid berpendapat bahwa memprioritaskan untuk menyisihkan uang juga dapat menjadi dana darurat jangka panjang.

Mulai dengan pendapatan dan pengeluaran menurut Vishal hal tersebut akan membantu. "Pendorong kecemasan adalah rasa kurangnya kontrol dan kurangnya pemahaman," tutup Vishal.

2 dari 4 halaman

2. Ajukan pertanyaan

Untuk membangun sebuah pengetahuan, Anda perlu menanyakan banyak hal. Mau itu pertanyaan bodoh sekalipun. "Jangan takut menanyakan hal bodoh tentang uang," jelas Martha Lawton, pencipta podcats uang.

Terlebih jika Anda menanyakannya kepada penasihat uang. Sebab itu adalah tanggung jawabnya untuk membantu Anda untuk mengurangi rasa cemas.

3. Berbicara dengan seseorang

Jika kekhawatiran Anda tentang uang sudah tidak bisa ditahan lagi, ceritakan kepada orang terdekat. Terlebih jika kecemasan Anda sudah mengganggu keseharian.

Tetapi usahakan berbicara lebih awal agar Anda cepat mendapatkan pertolongan. Selain itu bicaralah dengan jujur.

3 dari 4 halaman

4. Keluar dari zona pertemanan yang tidak sehat

Zona pertemanan yang tidak sehat akan membuat Anda terjebak dalam kesulitan mengatur keuangan. Martha mengatakan Anda harus menilai kembali hubungan yang dapat merusak finansial dan kesejahteraan Anda.

Menurut Martha Anda harus benar-benar mempertimbangkan apakah lingkungan Anda benar-benar sehat atau tidak. Hal yang sama juga harus diterapkan di mana pun Anda berada.

5. Bersikap realistis

Bersikap realistis pada tujuan Anda, seperti kemana arah uang yang Anda inginkan. Menetapkan anggaran juga perlu dilakukan sehingga Anda memiliki batas.

Reporter: Chrismonica

 

4 dari 4 halaman

Saksikan video di bawah ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Tips Membersihkan Mainan Anak
Artikel Selanjutnya
5 Tips Ini Bisa Bikin Liburan dan Bepergian Jauh Tetap Terasa Nyaman