Sukses

Bagaimana Memilih Bank yang Cocok untuk Kebutuhan Kamu?

Liputan6.com, Jakarta - Bagi hampir semua orang menggunakan layanan perbankan menjadi salah satu hal yang wajib atau sebuah keharusan di era modern seperti saat ini.

Dengan menggunakan bank, akan mempermudah kamu dalam mengelola keuangan karena bank dapat memberikan berbagai fasilitas dan juga kemudahan yang akan membantu kamu melakukan hal tersebut dengan lebih baik.

Ada banyak fitur yang disematkan pihak perbankan di dalam layanan mereka, sehingga kamu akan lebih mudah dalam melakukan berbagai transaksi keuangan yang kamu butuhkan.

Setiap bank pasti akan memiliki standar layanan yang berbeda-beda, sama halnya dengan nasabah perbankan yang tentu saja akan memiliki sejumlah kebutuhan yang berbeda-beda pula. Oleh karena itu, menemukan bank yang tepat bukanlah sebuah hal yang mudah, sebab ada banyak pertimbangan yang harus kamu pikirkan terlebih dahulu dengan matang.

Lantas, apakah saat ini kamu telah menemukan bank yang tepat untuk semua kebutuhan keuangan kamu tersebut? Jika belum, maka kamu bisa simak beberapa tips di bawah ini.

Dikutip dari berbagai sumber, Liputan6.com telah merangkum beberapa tips memilih bank yang tepat untuk kebutuhan kamu:

1. Tentukan Tujuan Pembuatan Akun

Tidak semua orang--termasuk kamu--membuka rekening bank dengan tujuan menabung. Oleh karena itu, tips pertama memilih bank yang tepat untuk kebutuhan kamu adalah dengan menentukan apa yang menjadi tujuan kamu membuka akun bank. Apakah untuk menabung, membuat deposito, atau untuk melakukan pinjaman. Akan lebih mudah bagi kamu menemukan bank dengan layanan terbaik jika kamu tahu untuk apa kamu membuka rekening bank.

2 dari 4 halaman

2. Cari Tahu Biaya Administrasi yang Dikenakan

Saat menggunakan layanan perbankan, kamu tentu akan berhadapan dengan sejumlah biaya administrasi yang diterapkan oleh pihak bank tersebut, mulai dari biaya pembukaan rekening, biaya transfer sesama dan antar bank, potongan tabungan per bulannya, biaya tarik tunai di mesin ATM, dan lain sebagainya.

Biaya yang dikenakan sebuah bank besar berskala internasional, tentu akan berbeda dengan biaya yang diterapkan oleh sebuah bank lokal berskala kecil. Maka dari itu, penting bagi kamu untuk memperhitungkan biaya ini sejak awal, sehingga keuangan kamu tidak tekor dan mengalami masalah akibat sejumlah biaya tersebut.

Bukan hanya itu saja, sebagian bank juga memiliki kebijakan tersendiri, di mana kamu mungkin saja bebas dari biaya ini jika kamu mengikuti beberapa ketentuan yang mereka miliki, misalnya: memiliki saldo tabungan dalam jumlah tertentu, melakukan transaksi bulanan dalam jumlah tertentu, dan berbagai kebijakan yang lainnya.

3. Cari Tahu Fasilitas Apa Saja yang Akan Kamu Dapatkan

Penting bagi kamu untuk memilih bank yang memiliki fasilitas tepat dan dapat memenuhi semua kebutuhan.

Kamu mungkin akan membutuhkan layanan bank yang memiliki banyak jaringan ATM, sehingga kamu lebih mudah memenuhi kebutuhan perbankan kamu. Atau mungkin saja kamu adalah seseorang yang sering bepergian ke luar negeri, sehingga penting bagi kamu untuk memilih salah satu bank yang memiliki jaringan yang luas dan kuat, agar semua transaksi keuangan kamu selama di luar negeri dapat selalu berjalan dengan baik dan lancar.

Oleh karena itu, pertimbangkan berbagai fasilitas yang kamu butuhkan, sehingga kamu bisa memenuhinya dengan cara memilih bank yang paling tepat

3 dari 4 halaman

4. Cari Tahu Berapa Besaran Bunga yang Diterapkan

Sebagian besar orang menggunakan layanan perbankan untuk menyimpan uang mereka, bahkan dalam jumlah yang cukup besar. Ini adalah sebuah investasi, jadi kamu harus memperhitungkan pendapatan bunga yang akan kamu peroleh dari kegiatan menabung ini.

Besaran bunga tabungan yang akan diberikan oleh bank tentu akan berbeda-beda, tergantung pada kebijakan yang diterapkan oleh bank tersebut.

Namun, kamu pasti mengharapkan jumlah pendapatan terbesar agar uang yang kamu miliki dapat bertambah seiring dengan berlalunya waktu.

Oleh karenanya, pertimbangkan untuk memilih bank yang memberikan penawaran bunga simpanan terbesar agar uang kamu semakin bertambah jumlahnya dan tidak habis tergerus oleh inflasi yang meningkat setiap tahunnya.

5. Utamakan Kenyamanan dan Keamanan Ketika Kamu Bertransaksi

Sepanjang tahun kamu melakukan banyak transaksi keuangan, dimana hal ini tentu akan jauh lebih menyenangkan jika kamu dapat melakukannya dengan nyaman.

Beberapa bank memiliki fasilitas pendukung yang mumpuni untuk hal ini, dimana mereka melengkapi setiap staf mereka dengan pengetahuan yang baik dan juga kemampuan memadai untuk menangani nasabah dengan maksimal.

Bukan hanya itu saja, pastikan bahwa bank yang kamu tuju memiliki proteksi terhadap dana seluruh nasabah mereka.

Beberapa bank pernah mengalami masalah pembobolan keamanan, dimana nasabahnya mengalami sejumlah masalah (kehilangan) uang simpanan mereka. Dengan demikian, memilih bank yang dapat memberikan jaminan atas keamanan dana kamu adalah hal yang wajib untuk selalu dipertimbangkan.

4 dari 4 halaman

6. Pilih Bank dengan Reputasi Baik

Tips yang terakhir adalah mencari tahu reputasi bank. Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk mengetahui reputasi dari bank tersebut, mulai dari mencari tahu pada orang-orang terdekat, referensi lewat internet, ataupun melalui media lainnya.

Intinya, pilihlah bank yang mampu memberikan pelayanan yang baik, respon yang cepat, serta memberikan solusi terbaik untuk pengelolaan keuangan kamu.

Loading
Artikel Selanjutnya
5 Cara Pangkas Pengeluaran Tanpa Kurangi Gaya Hidup
Artikel Selanjutnya
Ingin Berhemat Uang Lebih Banyak? Ini Tips Sederhananya