Sukses

[VIDEO] Kabut Asap Kian Pekat Selimuti Pekanbaru

Asap di Pekanbaru, Riau, membuat mata perih. Jarak pandang juga berkurang hingga membahayakan pengendara.

Kebakaran lahan yang memicu kabut asap di Riau, hingga kini belum juga mereda. Asap yang menyelimuti Riau daratan, bahkan semakin pekat sepanjang pagi tadi.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Senin (10/2/2014), areal perbukitan di Koto Panjang, Kabupaten Kampar, Riau, terbakar hebat akibat kekeringan. Kobaran api berkobar melahap nyaris setengah bukit.

Hembusan angin diprediksi akan menambah luas areal yang terbakar. Areal perbukitan tersebut sejak beberapa tahun terakhir, beralih fungsi. Kawasan hutan resapan air, kini berubah menjadi perkebunan sawit.

Meski kebakaran lahan telah dilaporkan, upaya pemadaman belum juga dilakukan. Akibatnya, asap menyelimuti sebagian besar wilayah Riau daratan. Sepanjang Senin pagi, asap di Pekanbaru membuat mata perih.

Jarak pandang juga berkurang hingga membahayakan pengendara. Kendati kabut asap menjadi persoalan berulang, pemerintah belum serius menangani permasalahan ini. Selain membahayakan kesehatan warga, bencana asap kerap memicu protes dari pemerintah negara tetangga, yakni Singapura dan Malaysia. (Ans/Ism)

Baca juga:

BMKG: Kabut Asap Riau Belum Mengarah Singapura-Malaysia
[VIDEO] Riau Darurat Bencana Kabut Asap
[VIDEO] Kabut Asap Riau Ganggu Aktivitas Warga

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.