Sukses

Wapres Dipanggil Lagi, Demokrat Bakal Lobi Timwas Century

Meski panggilan pertamanya pada 18 Desember 2013 lalu tak diindahkan, Timwas Century kini berencana untuk memanggil kembali Wakil Presiden Boediono. Tak diam saja, Partai Demokrat berencana melakukan lobi-lobi dengan Timwas Century terkait pemanggilan Boediono.

"Untuk pemanggilan (Boediono) kita tetap mengadakan lobi-lobi dengan Timwas, tetapi tidak terkait dengan perpanjang masa Timwas," kata politisi Partai Demokrat yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua MPR Melani Leimena Suharli di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Jumat (3/1/2013).

"Kalau lobi sudah menjadi tradisi, tapi kan waktu itu Demokrat telah mengatakan sekarang sudah masuk ranah hukum, jadi DPR tidak usah lagi (secara politik). Itu sikap Demokrat waktu orang minta Timwas diperpanjang," ujar Melani.

Melani mengungkap kembali ketidaksetujuan partainya atas perpanjangan masa kerja Timwas Century. Menurutnya, kasus ini telah masuk ke ranah hukum. Lembaga penegak hukum seperti KPK sajalah yang seharusnya menangani kasus ini tanpa ada campur tangan pihak lain.

"Demokrat tidak setuju diperpanjang karena itu sudah masukkan ranah hukum. Jadi sikap kita selama tidak ada perubahan, tetap seperti itu," tutur Melani.

Selain itu, dia juga menanggapi pernyataan Boediono yang menolak jika disebut bertanggung jawab atas pembengkakan dana talangan Bank Century menjadi Rp 6,7 triliun. Menurut Melani, hal itu seharusnya menjadi tanggung jawab Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) yang juga bertanggung jawab langsung kepada Presiden SBY.

"Balik lagi itu masih harus didalami KPK, karena apapun lontarannya harus diolah lagi. Itu karena ada pertanyaan tetapi dijawab, tetapi penyelidikan mendetail kita harapkan KPK bekerja keras," pungkas Melani. (Ndy/Sss)

Baca Juga:

Timwas Century Panggil Wapres Boediono Lagi
KPK: Kasus Century Akhir Januari ke Pengadilan
Din Syamsuddin: Kasus Korupsi Besar Jadi `Dosa Warisan`
Ruhut: Demokrat Sedih `Partai Besan` Dukung Timwas Century
Bank Mutiara Disuntik Rp 1,5 T, PD: Itu Tanggung Jawab LPS

Loading