Sukses

Megawati: Saya Dilarang Kuliah karena Anak Bung Karno

Megawati mengatakan, biar dirinya saja yang tidak dapat meneruskan pendidikan lantaran menjadi korban politik.

Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri menegaskan, saat ini sudah tidak ada lagi alasan bagi anak usia sekolah meninggalkan dunia pendidikan. Semua anak di Indonesia punya hak mendapat pendidikan yang layak seperti yang telah diatur dalam undang-undang.

Berbicara di hadapan Uahasiswa universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah itu, Megawati mengatakan, biar dirinya saja yang tidak dapat meneruskan pendidikan lantaran menjadi korban politik.

"Saya juga alami (kuliah). Di Padjajaran kemudian di Psikologi UI. Sayangnya semua nggak berlanjut. Tapi itu bukan karena apa, karena suasana politik saat itu. Jangan sampai terulang lagi. Tidak diizinkan sekolah oleh bangsa sendiri," tutur Megawati, Sabtu (21/20/2013).

"Penjajah saja dulu mengizinkan ayah (Soekarno) sekolah, malah saya tak diizinkan oleh penguasa, karena saya anak Bung Karno," lanjut dia.

Meski pernah dibatasi masa pendidikan lantaran kondisi politik saat itu, namun dirinya terus teringat pesan sang ayah yang juga merupakan Presiden Pertama RI. Bung Karno, lanjut Megawati, memintanya terus mencari ilmu dalam keadaan apapun.

"Ayah saya bilang 'kamu mau sekolah apa cari ilmu? Pergilah, carilah, maka kamu akan dapat ilmu'. Dan Alhamdulillah saya bisa jadi presiden," tutur Megawati yang langsung disambut tepuk tangan pengunjung. (Mut)

Baca juga:
Puan Maharani: Trah Soekarno di PDIP Bukan Dinasti Politik
Untold story Tentang Bung Karno


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini