Sukses

Jokowi: Relawan Pakai Izin? Kayak Mau Bikin Bangunan Aja

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo mengaku tidak mengetahui adanya Posko Center Rakyat Jokowi for Presiden 2014 yang terletak di Jalan Diponegoro nomor 58, Jakarta Pusat. Lokasi itu sebelumnya digunakan sebagai markas Benteng Demokrasi Rakyat (Bendera).

"Relawan siapa? Yang mana toh? Saya nggak ngurus capres. Ya gimana," ujarnya di kantor DPP PDIP, Jalan Lenteng Agung, Jakarta, Minggu (6/10/2013).

Namun, Jokowi tetap merasa penasaran dengan lokasi posko center Jokowi tersebut. Dirinya pun menanyakan di jalan mana posko itu berada. Saat dijelaskan bahwa tempatnya sama dengan markas pemenangan dirinya saat kampanye Pilkada DKI, ia pun mengangguk mengerti. "Oo yang markas itu. Itu siapa yang bikin?" tanyanya.

Kemudian, ia kembali menekankan bahwa dirinya tak ingin mengurusi masalah posko-posko pemenangan untuk menjadi calon presiden pada 2014 mendatang. Mantan walikota Surakarta itu juga tak dapat menyatakan keberatan atau tidak dengan munculnya posko relawan tersebut. Sebab, pembentukan markas pemenangan merupakan inisiatif dari warga dan hal itu adalah hak mereka.

"Apa mau ta' tutup? Itu kan masyrakat, gimana saya keberatan? Dengan alasan apa saya keberatan atau tidak keberatan?" kata suami Iriana itu.

Karena ia tidak mau memikirkan dan mengurusi hal-hal yang berbau pencapresan dirinya, dirinya tak akan melakukan tindakan apapun terhadap posko itu.

"Kalau disuruh nutup, berarti saya ngurus malah. Ngapain?" ujarnya.

Saat ditanya apakah perlu ada izin darinya jika masyarakat ingin mendirikan atau membentuk sebuah posko, ia merasa tidak perlu mengeluarkan izin. Sebab, sekali lagi hal tersebut adalah hak masyarakat.

"Relawan emang pakai izin? Kayak mau bikin bangunan aja pake izin, IMB," jawabnya sambil tertawa.

Pantauan liputan6.com, ketika mobil yang digunakan Jokowi bergerak meninggalkan kantor DPP PDIP ke arah rumah dinasnya, mobil Innova berwarna abu-abu itu ternyata melewati jalan Diponegoro. Saat sampai persis di depan markas yang bertuliskan Posko Center Rakyat Jokowi for Presiden 2014 dengan poster dirinya, mobil Jokowi pun sempat memperlambat lajunya. Namun, kemudian meluncur ke kediamannya di Jalan Suropati nomor 7. (Ali)