Sukses

[VIDEO] Demam Memabukkan Emas Hitam

Berbagai aktivitas pendistribusian barang dan jasa baik dari Jawa menuju Sumatera maupun sebaliknya terfokus di jalur lintas Sumatera.

Jalur lintas Sumatera menjadi titik utama yang menggairahkan pertumbuhan ekonomi di pulau ini. Berbagai aktivitas pendistribusian barang dan jasa baik dari Jawa menuju Sumatera maupun sebaliknya terfokus di sini.

Jalan yang biasa di gunakan untuk perlintasan antar provinsi ini ternyata punya kesibukan lain. Lihat saja puluhan bahkan ratusan tumpukan karung putih berjajar rapi di sepanjang jalur lintas Sumatera.

Teka teki muncul di benak orang yang melihatnya penasaran akan isi tumpukan dari karung putih ini. Hal yang kemudian memancing untuk mencari tahu. Salah satu informan yang paham wilayah ini kemudian menuntun ke salah seorang warga yang dianggap tahu. Ngobrol ngalor ngidul berharap bisa mengorek berita berharga.

Rupanya tumpukan karung putih di pinggir jalan tadi adalah batubara yang punya nilai jual tinggi. Jadi magnet tersendiri bagi para penambang tradisional di kawasan ini. Namun ada beberapa praktik emas hitam yang menyimpang.

Seperti apa? Lihat video SIGI Investigasi berikut ini. (Riz)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini