Sukses

Sumanto &quotSang Kanibal&quot Divonis Lima Tahun Penjara

Liputan6.com, Purbalingga: Sumanto &quotsang kanibal&quot divonis lima tahun penjara. Warga Desa Srengseng, Purbalingga, Jawa Tengah, ini dinyatakan secara sah dan meyakinkan bersalah telah melakukan tindak pidana pencurian dan pemberatan seperti diatur dalam Pasal 363 Ayat 5 Kitab Undang-undang Hukum Pidana. Demikian putusan majelis hakim Pengadilan Negeri Purbalingga, yang dibacakan pada Jumat (27/6).

Selain itu, majelis hakim yang diketuai hakim Sumardijatmo berpegang pada sejumlah bukti. Di antaranya, keterangan saksi, berita acara rekonstruksi, dan beberapa foto, membuktikan terdakwa mencuri mayat Mbok Rinah, 80 tahun [baca: &quotBurung Nasar&quot dari Purbalingga].

Keputusan majelis hakim itu sejatinya berdasarkan sejumlah pertimbangan yang memberatkan Sumanto. Di antaranya, mencuri, memakan mayat, meresahkan masyarakat, dan tak mengindahkan norma agama serta susila. Perbuatan terdakwa juga sangat menyakitkan hati para ahli waris Nyonya Rinah.

Sumanto hadir di persidangan dengan mengenakan baju koko warna biru muda. Atas keputusan itu, melalui kuasa hukumnya dia menyatakan banding. Sebelumnya, Sumanto juga pernah menolak tuntutan enam tahun penjara yang disampaikan jaksa [baca: Sumanto Keberatan Dituntut Enam Tahun Penjara]. Alasannya, mayat Mbok Rinah yang dicuri dan dimakannya tak lain adalah kotoran manusia yang sudah dibuang pemiliknya dengan cara dikubur.(AWD/Mardianto)