Sukses

Para Jenderal Yang 'Bertempur' Untuk Kursi DPR

Selain artis, atlet dan politisi kawakan, sejumlah purnawirawan jenderal mencoba peruntungan di Pemilu 2014. Nama mereka tercatat dalam daftar calon anggota legislatif (DCS) partai politik peserta pemilu yang didaftarkan ke KPU.

Dari Partai Nasdem, sedikitnya ada 4 purnawirawan jenderal yang dijagokan. Mereka adalah  mantan Staf Ahli Pangab Bidang Polkam Brigjen Purn T.H. Sinambela di daerah pemilihan (dapil) Sumatera Utara I, Mayjen Purn Supiadin Aries Saputra di dapil Jawa Barat XI, mantan Polkamnas Panglima TNI Brigjen Purn AA Gede Suardhana di dapil Bali, serta Kombes Pol Purn Erwin Hasibuan di dapil Sumatera Utara II.

PDI Perjuangan kembali menjagokan 2 purnawirawan jenderal TNI pada Pemilu 2014 ini. Mereka yakni, Mayjen TNI Purn Tubagus Hasanuddin di dapil Jabar IX dan mantan Komandan Pusat Teritorial ABRI Mayjen TNI Purn Adang ruchiatna puradiredja DKI Jakarta I. Keduanya kini masih tercatat sebagai anggota DPR periode 2009-2014.

Di Partai Gerindra tercatat ada 4 nama purnawirawan jenderal. Meraka adalah Mantan Wakil Danrem di Timtim Mayjen TNI Purn Glenny Kairupan di dapil Sulawesi Utara, mantan Menteri Perhubungan Laksamana Madya Purn Freddy Numberi di dapil Papua, Mantan Kapolda Sumbar Brigjen Pol Purn Wahju Daeny di dapil Jawa Tengah X, dan Brigjen Pol Frans Katapalayukan di Dapil Sulawesi Selatan III.

Partai Demokrat tak mau ketinggalan. Partai yang dipimpin Presiden SBY itu juga menjagokan 4 purnawirawan jenderal. Mereka adalah Mayjen TNI Purn Syafei Nasution di Jawa Barat X, Mayjen TNI Purn Yahya Sacawiria di Jawa Barat XI, mantan Kepala Staf Umum TNI Letjen Purn Suaidi Marasabessy di dapil Maluku, dan mantan Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI (Purn) Syamsul Mappareppa di Sulawesi Selatan II.

Sedangkan di Partai Hanura, ada juga 3 nama purnawirawan jenderal. Dua di antaranya adalah pensiunan polisi, yakni Irjen Pol Purn Marwan Paris di dapil Sumatera Barat I dan mantan Wadir D Baintelkam Polri Brigjen Pol Purn Timbul Parulian Manurung di dapil Jawa Barat I. Terakhir adalah Brigjen TNI Purn Dedi Soeprijadi di Jawa Barat VII.

Tak mau kalah, Partai Amanat Nasional (PAN) juga mengusung 2 purnawirawan. Yakni, Brigjen Pol Purn Njoman Gede Suweta di dapil Bali dan Kombes Pol Purn Nazwar Rismadi di dapil Sumatera Barat II.

Dua purnawirawan jenderal yang di usung Partai Persatuan Pembangunan (PPP) juga tak kalah pamor. Mereka adalah mantan Kepala Staf Kostrad Mayjen TNI Purn Kivlan Zen di dapil DKI Jakarta II dan mantan Jaksa Agung Letjen TNI Purn Andi Muhammad Ghalib di dapil Sulawesi Selatan II.

Partai Bulan Bintang (PBB) juga ikut mencalonkan 3 purnawirawan jenderal. Adalah mantan Widyaiswara Utama Sespim Polri Irjen Pol Amir Hasan Sidik di dapil Aceh II, Mantan Kabareskrim Polri Komjen Pol Purn Susno Duadji di Jawa Barat I dan mantan Sekjen Dewan Ketahanan Nasional Letjen Purn Arifin Tarigan di dapil Sumatera Utara III.

Tak ketinggalan, Partai Golkar juga mencalonkan purnawirawan jenderal, yakni Marsekal Madya (Purn) Basri Sidehabi di dapil Sulawesi Selatan II. Sedangkan PKS kembali menjagokan mantan Wakapolri Komjen Pol Purn Adang Daradjatun di dapil DKI Jakarta III. (Mut)
    Loading