Sukses

Kunker ke Kaltim, Ketum TP PKK Ajak Kader Kampanyekan Hidup Sehat dan Jaga Ketahanan Pangan

Dalam kunjungan itu, Tri Tio meningatkan mengenai pentingnya mempersiapkan generasi muda Indonesia dengan masa depan yang lebih baik. Oleh karena itu, dia meminta agar orang tua memperhatikan menu makanan sehari-hari bagi anak-anak.

Liputan6.com, Berau Kunjungan kerja (Kunker) dilakukan Ketua Umum (Ketum) Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Tri Tito Karnavian di Kecamatan Maratua, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur (Kaltim), Selasa (9/7). Dalam kunjungannya tersebut, dia mendorong kader PKK untuk lebih giat lagi mengampanyekan gerakan hidup sehat dan pentingnya menjaga ketahanan pangan.

Dalam kunjungan itu, Tri Tio meningatkan mengenai pentingnya mempersiapkan generasi muda Indonesia dengan masa depan yang lebih baik. Oleh karena itu, dia meminta agar orang tua memperhatikan menu makanan sehari-hari bagi anak-anak. 

"Makanan sehat, termasuk sayur-sayuran, harus menjadi bagian dari menu harian anak-anak kita. Kita harus kembali ke dasar, mengajarkan ibu-ibu cara memasak makanan sehat untuk keluarga," ujar Tri Tito dihadapan kader PKK Kecamatan Maratua.

Selain itu, Ketua Umum TP PKK juga mengunjungi Teras PKK Kecamatan Maratua, yang terletak di samping Dermaga Umum Pulau Maratua. Di sini, berbagai kuliner dan produk UMKM khas Maratua dipamerkan. Tri Tito bersama anak-anak sekolah dasar melakukan aksi gemar makan daging, telur, dan minum susu, sebagai bagian dari upaya memperkenalkan menu makanan B2SA (Bersih, Bergizi, Sehat, dan Aman) dan mendukung percepatan penurunan stunting di Kaltim.

Acara ini juga dihadiri Penjabat (Pj.) Gubernur Kaltim Akmal Malik, Duta Besar Republik Seychelles untuk ASEAN Nico Barito, Pj. Ketua TP PKK Provinsi Kaltim Yulia Zubir Akmal, Ketua TP PKK Kabupaten Berau Sri Aslinda Sulaiman, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (PMPD) Provinsi Kaltim Puguh Harjanto, dan Ketua Tim Percepatan Pembangunan Maratua Meiliana.

Tak sekadar seremonial, dalam kunjungan ini Ketua Umum TP PKK membawa bantuan nyata untuk masyarakat. Diketahui, sebanyak 600 paket sembako disalurkan kepada warga Kampung Bohe Silian, Payung-payung, Teluk Harapan, dan Teluk Alulu. Selain itu, bantuan juga diberikan untuk Posyandu Walet di Kampung Bohe Silian dan Posyandu Nuri di Kampung Teluk Harapan.

Pj. Gubernur Kaltim Akmal Malik menyambut hangat kedatangan Ketum TP PKK Tri Tito Karnavian beserta rombongan. Ia pun mengapresiasi kunjungan kerja Tri Tito Karnavian ke Pulau Maratua.

"Kehadiran Ibu Ketua Umum TP PKK di sini adalah upaya nyata untuk membangkitkan semangat masyarakat, terutama ibu-ibu, dalam menggerakkan kampanye hidup sehat dari lingkungan keluarga," ujar Akmal.

Akmal berharap kunjungan ini bisa memberikan dorongan baru bagi sektor pariwisata di Maratua. Akmal juga menyinggung tentang pentingnya ketahanan pangan di Maratua. Ia mengungkapkan, salah satu penyebab inflasi di Kaltim adalah komoditi sayuran seperti kangkung.

"Padahal, kangkung ini bisa dipanen dalam 17 hari. Oleh karena itu, saya sudah menugaskan Kepala Dinas PMPD untuk berkoordinasi dengan kepala desa di Maratua guna memulai penanaman sayur di wilayah mereka," kata Akmal.

 

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini