Sukses

Cuaca Hari Ini Selasa 19 September 2023: Waspada Jakarta dan Bogor Hujan Angin Disusul Petir

Liputan6.com, Jakarta - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan cuaca cerah terjadi diseluruh wilayah DKI Jakarta hari ini, Selasa (19/9/2023). Cuaca cerah tersebut dilaporkan terjadi pagi, sementara siang nanti hujan ringan turun di wilayah Jakarta Selatan.

BMKG juga mengungkap adanya potensi hujan disusul petir dan angin kencang sore nanti di tiga wilayah Jakarta

"Waspada potensi hujan yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang dengan durasi singkat di sebagian wilayah Jaksel, Jaktim, Jakbar pada sore hari," kata BMKG diperingatan dini cuaca hari ini, Selasa, 19 September.

Hujan angin dibarengi petir juga diprediksi terjadi di kota penyangga Jakarta hari ini. Kondisi cuaca tersebut berpotensi terjadi di Kota Bogor, pada siang hingga malam. 

"Waspada potensi hujan sedang yang dapat disertai angin kencang dalam skala lokal dan durasi singkat di sebagian wilayah Kab dan Kota Bogor, pada waktu antara menjelang siang hingga malam hari," info BMKG

Sementara, cuaca pagi ini diramalkan bakal cerah berawan diseluruh daerah penyangga Jakarta, seperti Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi. 

Berikut informasi prakiraan cuaca Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) selengkapnya yang dikutip Liputan6.com dari laman resmi BMKG:

 Kota   Pagi   Siang  Malam
 Jakarta Barat  Cerah  Cerah Berawan  Hujan Ringan
 Jakarta Pusat  Cerah  Cerah Berawan  Cerah Berawan
 Jakarta Selatan  Cerah  Hujan Ringan  Hujan Ringan
 Jakarta Timur  Cerah  Cerah Berawan  Hujan Ringan
 Jakarta Utara  Cerah  Cerah Berawan  Cerah Berawan
 Kepulauan Seribu  Cerah  Cerah Berawan  Cerah
Bekasi Cerah Berawan Hujan Ringan Cerah Berawan
Depok  Cerah Berawan  Hujan Sedang  Cerah Berawan
Bogor  Cerah Berawan  Hujan Ringan  Hujan Ringan
Tangerang  Cerah Berawan  Berawan  Berawan

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini

2 dari 3 halaman

BMKG Prediksi Awal Musim Hujan di Indonesia November 2023

Sebelumnya, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi awal musim hujan di Indonesia terjadi pada November 2023. 

Awal musim hujan ini sekaligus bakal mengakhiri kekeringan akibat fenomena El Nino.

"Jadi awal musim hujan secara umum diprediksi akan terjadi pada November 2023," kata Kepala BMKG Dwikorita Karnawati dalam konferensi pers secara daring, dikutip Jumat 8 September 2023.

Meski begitu, Dwikorita menjelaskan awal musim hujan akan terjadi secara bertahap. Sebab, keragaman iklim di berbagai wilayah di Indonesia sangat tinggi.

"Karena tingginya keragaman iklim di Indonesia menyebabkan awal musim hujan tidak terjadi secara serentak di seluruh wilayah," ujar dia.

Saat ini, kata dia, beberapa zona musim telah terkonfirmasi sudah mengalami musim hujan yaitu di sebagian besar Aceh, sebagian besar Sumatera Utara, sebagian Riau, Sumatera Barat bagian tengah, dan sebagian kecil Kepulauan Riau.

Oktober mendatang, awal musim hujan diperkirakan terjadi di Jambi, Sumatera Selatan bagian utara, Jawa Tengah bagian selatan, sebagian Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah bagianbarat, dan sebagian besar Kalimantan Timur.

3 dari 3 halaman

Musim Hujan di Jatim hingga NTT Mulai Desember 2023

Kemudian, pada November 2023, awal musim hujan akan tiba di Sumatera Selatan, Lampung, sebagian besar Banten, Jakarta, Jawa Barat, sebagian besar Jawa Tengah, sebagian JawaTimur, Bali, sebagian kecil NTB, sebagian kecil NTT, Sulawesi Utara, Gorontalo, sebagian Sulawesi Tengah, sebagian besar Sulawesi Selatan, Maluku Utara bagian utara, dan Papua Selatan bagian selatan.

Sementara itu, awal musim hujan di Jawa Timur bagian utara, sebagian besar NTB, sebagian besar NTT, Maluku dan sebagian besar Sulawesi Tenggara diprediksi terjadi pada Desember 2023.

"Secara bertahap akan hampir mendominasi seluruh wilayah Indonesia musim hujan ini pada periode Maret hingga April 2024," ungkap Dwikorita.

Dwikorita menyampaikan, awal musim hujan umumnya berkaitan erat dengan peralihan angin timuran atau angin dari arah Australia atau disebut Monsun Australia yang akan menjadi angin baratan atau Monsun Asia yaitu angin yang berasal dari arah Benua Asia.

"Saat ini yang berpengaruh angin dari Benua Australia, dari gurun di Australia yang saat ini sedang musim dingin dan kering dan Insyaallah akan segera berganti dengan angin yang berasal dari Benua Asia," ucap dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini