Sukses

3 Fakta di Balik Siapnya Kaesang Pangarep Jadi Depok Pertama

Putra bungsu Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep, mendeklarasikan diri siap menjadi Depok pertama. Berikut ini, 3 fakta menarik di balik siapnya Kaesang jadi Depok pertama.

Liputan6.com, Jakarta Putra bungsu Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep, mendeklarasikan diri siap menjadi Depok pertama. Hal tersebut diungkapkannya dalam sebuah video yang diunggah dalam akun Youtube Kaesang.

Pernyataannya ini menyambung dorongan dari PSI untuk maju sebagai calon Wali Kota (walkot) Depok. Juga hadirnya baliho raksasa bergambar Kaesang dengan tagline calon Wali Kota Depok berlogo PSI. 

Kaesang Pangarep pun menyatakan telah mendapat restu dari keluarga.

"Saya sudah mendapatkan izin dan restu dari keluarga saya insyaallah saya siap untuk hadir menjadi Depok pertama," kata Kaesang Pangarep melalui akun YouTube-nya, Sabtu (10/6/2023).

Video yang memperlihatkan Kaesang Pangarep mendeklarasikan diri siap menjadi Depok pertama itu juga sudah beredar di akun media sosial komunitas Kota Depok @infodepok.

Video Kaesang Pangarep tersebut pun mendapatkan lebih dari 5.600 komentar dari warganet pada Sabtu sore tadi, yang tentunya, kebanyakan adalah warga Depok.

Kendati demikian, Kaesang tak mengungkap makna Depok pertama yang diucapkan itu. Sekadar info, Depok pertama biasanya merujuk pada orang nomor satu di sebuah wilayah. Dalam hal ini, berarti Wali Kota Depok.

Berikut ini, 3 fakta menarik di balik siapnya Kaesang jadi Depok pertama:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Dapat Restu dari Keluarga

Kaesang Pangarep mengaku sudah mendapat restu dari keluarga untuk maju menjadi calon Wali Kota Depok di Pilkada 2024. 

"Saya sudah mendapatkan izin dan restu dari keluarga saya insya Allah saya siap untuk hadir menjadi Depok pertama," kata Kaesang dalam akun YouTubenya, Sabtu, (10/6/2023).

Sebelumnya, sang kakak, Gibran Rakabuming Raka, buka suara soal isu Kaesang Pangarep terjun ke politik dan akan maju ke putaran Pilkada 2024 sebagai kandidat Wali Kota Depok itu.

Gibran Rakabuming Raka rupanya tak setuju jika Kaesang Pangarep mencalonkan diri sebagai Wali Kota Depok. Alasannya, putra bungsu Jokowi bukan orang asli Depok.

Seperti diketahui, Partai Keadilan Sejahtera atau PKS menolak mengusung Kaesang Pangarep sebagai calon Wali Kota Depok. Kabar ini sempat jadi isu nasional.

"Sudah benar itu sarannya PKS. Saya setuju dengan PKS," kata Gibran Rakabuming Raka kami lansir dari video wawancara di kanal YouTube Berita Surakarta, Kamis 1 Juni 2023.

"Ya logis saja, karena (Kaesang) bukan orang Depok. Kecuali kalau Kaesang dari kecil tinggal di Depok, sekolah di Depok, nah itu monggo (nyalon jadi Wali Kota Depok)," imbuhnya.

3 dari 4 halaman

2. Fakta soal Foto Baliho, PSI, dan Kaesang

Diketahui, kedekatan Kaesang dengan PSI diawali dengan dorongan untuk maju sebagai calon wali kota (walkot) Depok dan hadirnya baliho raksasa bergambar Kaesang dengan tagline calon wali kota Depok berlogo PSI.

Diberitakan sebelumnya, putra bungsu Presiden Jokowi Kaesang Pangarep buka suara terkait Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Depok yang memasang baliho bergambar wajah dirinya.

Kaesang mengaku telah mengetahuinya. Bahkan bos dari Sang Pisang itu mengatakan foto yang dipakai untuk membuat baliho tersebut merupakan foto miliknya yang dikirim ke PSI.

"Ya (PSI) mendukung. Fotonya juga dari saya. Kemarin saya sudah suplai foto-foto saya. Saya sudah foto, saya kasih semua," kata Kaesang dengan gaya khasnya saat ditemui di Solo Paragon Mall, Minggu 4 Juni 2023.

4 dari 4 halaman

3. Minta Dukungan Masyarakat

Kaesang pun meminta dukungan dari masyarakat agar dirinya bisa maju menjadi calon Wali Kota Depok.

"Mohon dukungannya," ujar dia.

Hal ini memicu beragam komentar dari netizen.

Seorang pengguna Instagram dengan akun @ria*** mengatakan, dirinya bingung dengan pencalonan Kaesang Pangarep.

"Jujur bingung. Ogah kalau PKS menang lagi, tapi dia pun saya engga yakin," katanya.

Lalu, warganet lain ada yang tidak setuju dengan pencalonan Kaesang Pangarep. Warganet tersebut justru mempertanyakan sumbangsih Kaesang selama ini bagi Kota Depok.

Pengguna Instagram lain yang juga warga Depok, @ang*** hanya ingin agar jalalan di Sawangan lebih rapi. "Yang penting jalur Sawangan dibikin jalan layang, biar rapih gitu," tulisnya.

Kendati demikian, ada pula warganet yang mendukung Kaesang Pangarep jadi wali kota Depok. "Gas, semoga lebih bisa mengubah Depok jadi lebih baik," tulis @kil***.

"Daripada yang sekarang berpuluh-puluh tahun kaga ada perubahan, gini-gini bae," kata @ind***.

Warganet lain menyarankan Kaesang untuk magang terlebih dahulu. "Eh, magang dulu ajah, jangan langsung jadi walikota, berat," kata @mas***.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini