Sukses

Gandeng Emak-Emak, Aksi Jaringan SandiUno Beri Solusi Kebangkitan Ekonomi Rumah Tangga

Aksi Jaringan SandiUno membuka program lapangan usaha berbasis kewirausahaan lewat pelatihan-pelatihan. Hal ini sejalan dengan apa yang menjadi fokus Sandiaga Uno dalam memberikan solusi kebangkitan ekonomi bagi emak-emak rumah tangga.

Liputan6.com, Jakarta - Aksi Jaringan SandiUno membuka program lapangan usaha berbasis kewirausahaan lewat pelatihan-pelatihan. Hal ini sejalan dengan apa yang menjadi fokus Sandiaga Uno dalam memberikan solusi kebangkitan ekonomi bagi emak-emak rumah tangga.

Ketua Aksi Jaringan SandiUno, Lerry OKS mengatakan pelatihan pembuatan abon ikan lele dapat menjadi oleh-oleh khas UMKM Kabupaten Bandung Barat, karena ini merupakan inovasi baru yang tercipta.

Larry juga menambahkan, AKSI Jaringan SandiUno akan mendatangi masyarakat desa lain yang berkeinginan menjadi seorang wirausahawan.

"Kita ingin menciptakan inovasi baru di mana abon ayam dan sapi sudah biasa, jadi abon lele dapat menjadi ciri khas dari UMKM Kabupaten Bandung Barat. Ini merupakan salah satu langkah Bang Sandi untuk menciptakan 4,4 juta lapangan pekerjaan, maka Aksi Jaringan SandiUno akan terus mengunjungi seluruh masyarakat Indonesia yang terpacu menjadi wirausahawan," kata Lerry di Gedung serba Guna Desa Cihanjuang, Bandung Barat, Kamis (8/6/2023).

Menurutnya, Sandiaga Uno merupakan sosok yang peduli terhadap bangsa Indonesia. Pelatihan olahan abon lele diharapkan memberikan wadah usaha, khususnya bagi ibu-ibu rumah tangga.

Ibu-ibu atau emak-emak yang telah mengikuti pelatihan, selanjutnya dapat mengembangkan potensi dirinya melalui WhatsApp grup, dikarenakan program ini akan berlanjut pada perizinan hingga pemasaran usaha.

"Bang Sandi tujuannya sangat mulia khususnya pada masyarakat kecil, apalagi orang-orang yang tidak mempunyai pekerjaan. Desa-desa yang kita sasar akan menjadi wadah UMKM, setelah pelatihan akan dibuat WhatsApp grup untuk menjalin komunikasi sehingga dari situ bisa tahu kendalanya," jelas Lerry.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dorong UMKM Bangkit dan Sukses

Aksi Jaringan SandiUno berharap gagasan Sandiaga Uno dapat mendorong UMKM yang bangkit dan sukses.

Sementara itu, seorang peserta pelatihan Nia Kusmiati (48) menyatakan ia tertarik membuka usaha abon. Sebab ilmu yang didapat menjadi solusi kebangkitan ekonomi rumah tangga.

"Alhamdulillah senang sekali dengan adanya pelatihan ini, karena saya mendapatkan ilmu yang luar biasa sebagai membantu ekonomi keluarga. Dengan hasil pelatihan abon, saya berminat membuka usaha tersebut," ungkap Nia.

Nia bersama pihaknya mengucapkan terima kasih kepada Sandiaga Uno telah memberikan fasilitas pelatihan pembuatan abon lele. Ia pun mengaku programnya bermanfaat bagi ibu-ibu di Kabupaten Bandung Barat.

Dalam kegiatan ini turut dihadiri oleh Rumah Pemersatu Sandi Uno dan Bandung Flawless Community.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.